Tips Cara Aman Untuk Menahan Ngantuk

kantuk adalah sesuatu yang alami dan memang kondisi tubuh kita diharuskan untuk beristirahat yang ditandai dengan mengantuk. Tetapi ada kalanya pada saat kita mengalami kantuk kita tidak menginginkannya karena mungkin masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. berikut tips yang dapat dipakai untuk menghadapi rasa kantuk :

1. Gosokkan tangan, lengan, kaki dan wajah anda untuk memperlancar peredaran darah.

2. Lakukan sit-up, atau lompat tali, angkat kaki anda atau meremas tangan. Berlarilah ditempat, lakukan jalan cepat. Bergoyanglah. Olahraga akan membuat jantung anda berdebar lebih cepat sekaligus melancarkan aliran darah yang kaya oksigen.

3. Makanlah sesuatu yang renyah.
Cobalah biskuit, sepotong apel, biji bunga matahari (kwaci). Hindari makanan kecil yang manis. Makanan seperti itu memang memberikan energi tambahan dengan cepat, tapi akan segera pula diikuti dengan kenaikan kadar gula yang tinggi

4. Minumlah air atau juice dalam jumlah yang banyak

5. Meditasi.
Temukan tempat yang nyaman untuk duduk, tegakkan tubuh anda, tatap bidang kosong di dinding, atau tutup mata (sambil memikirkan kata/kalimat pendek pemberi semangat dengan pelan,berulang dengan nafas pelan) Lakukan sekitar sepuluh menit dan rasakan kelegaan dalam pikiran anda

6. Dengarkan musik yang menarik
Akan lebih baik jika dalam bahasa inggris, bahasa lain yang anda tidak tahu artinya, atau bahkan tanpa lirik. Bekerja sambil mendengarkan musik akan meningkatkan konsentrasi anda sambil meredam suara-suara yang lainnya.

7. Nyalakan lampu atau nyalakan lampu tambahan.
Cahaya yang semakin terang akan semakin baik untuk orang yang mengantuk

8. Ambil istirahat selama 15 menit.
Telponlah seseorang dan ajaklah mengobrol. Atau cobalah bermin game, internet, atau apapun.

9. Pikirkan sesuatu yang tetap membuat anda terjaga.
Daripada berpikir ”Saia sangat mengantuk..Saia tidak tahan lagi..Saia Bosan Sekali..Saia harus tidur” cobalah memikirkan ”Saia akan mencoba terus terjaga..Saia tidak akan menyerah..Saia sudah bangun..Saia sedang berjuang”

10. Baca dengan keras apa yang anda sedang kerjakan

11. Kunyahlah permen karet. Tiuplah balon dari permen karet

12. Mandilah

13. Bukalah jendela

14. Masukan es batu ke dalam celana anda

15. Minum air yang mengandung soda, lalu sendawakan urutan abjad

16. Bila kamu sudah tidak bisa membuka mata lagi, nyalakan alarm untuk setengah jam atau satu jam mendatang dan tidurlah sejenak.
Pasang alarm banyak-banyak (alarm anda, alarm saudara anda, alarm handphone anda, juga alarm cdma anda)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhZxUQjGdAlhKcVMzlSSt3g6xBhKkFM57CxhU042L4j2qKPRK9-pQ76VwynYDBgfvwOSJmSpumHZ-VDzh5ywWxUYCkbU5AlMr8Wv9naBa3nlw8hOMdaCLfrMDnYqXfwKzlC8oltPmAucAuF/s1600/ngantuk.jpg
sumber : oxana.blogdetik.com
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tips Cara Aman Untuk Menahan Ngantuk"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2015 B-Mus - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top