Manfaat Yogurt untuk mencegah Penyakit

Para orangtua yang ingin menekan penyakit batuk, nyeri perut, atau infeksi pada anak-anak mereka, disarankan untuk memberikan yogurt yang kaya akan probiotik setiap hari.

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup dalam makanan suplemen yang memiliki efek menguntungkan bagi tubuh dengan meningkatkan keseimbangan mikroorganisem dalam saluran cerna. Jika keseimbangan ini terganggu, bakteri jahat akan meningkat dan menyebabkan gangguan kesehatan.

Suatu penelitian yang dilakukan oleh tim ilmuwan dari Georgetown University Medical Center terhadap 600 anak usia 3-6 tahun menunjukkan, strain bakteri baik Lactobasillus casei memiliki efek positif untuk menangkal berbagai penyakit infeksi.

Anak-anak dalam penelitian itu setiap hari diberikan yogurt yang mengandung bakteri baik selama tiga bulan. Pada akhir penelitian diketahui risiko terkena infeksi pencernaan 24 persen lebih rendah dan 18 persen lebih rendah yang mengalami infeksi saluran napas dibanding anak yang minum yogurt biasa.

Kendati demikian, penelitian ini tidak menjelaskan dengan detail bagaimana probiotik bekerja menangkal infeksi karena tidak dilakukan penelitian di laboratorium. Kesimpulan dibuat berdasarkan laporan dari para orangtua anak-anak itu.

Menanggapi hasil studi ini, Dr.Clifford Bassett, direktur medis Pusat Alergi dan Asma, New York, AS, mengatakan masih perlu dilakukan penelitian lanjutan. "Masih belum ada jaminan jika konsumsi probiotik pada dosis berbeda dan kelompok usia responden yang lain akan memberi hasil yang sama," katanya.

http://2.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/S_bWTGT1awI/AAAAAAAAAWU/f9IdauEkEuY/s1600/yogurt.jpg
kompas.com
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Manfaat Yogurt untuk mencegah Penyakit"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2015 B-Mus - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top