Suara Ibu di Telepon Sama Seperti Pelukan Bagi si Kecil

Ibu yang bekerja terkadang tidak bisa menghabiskan banyak waktu di rumah bersama si kecil terutama saat ia merasa stres. Tapi ternyata suara ibu di telepon bisa menenangkan anak layaknya sebuah pelukan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa para ibu yang menelepon anaknya saat sedang bekerja bisa membuat si kecil menjadi rileks atau santai seperti layaknya menerima sebuah pelukan dari sang ibu.

Peneliti Amerika Serikat melibatkan lebih dari 60 anak perempuan yang memiliki situasi penuh tekanan. Anak-anak ini dimonitor respons hormonalnya sesudah mereka ditelepon atau dipeluk.

Ternyata diketahui bahwa suara ibu yang dihasilkan melalui telepon bisa memberikan hormon oksitosin dalam jumlah yang sama dengan jumlah hormon yang dikeluarkan dari kenyamanan fisik.

Hasil penelitian ini sudah diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B.

Dalam penelitian ini anak perempuan yang berusia 7-12 tahun diminta untuk berpidato tanpa adanya persiapan terlebih dahulu di depan sejumlah orang. Pengalaman ini tentunya akan meningkatkan detak jantung dan membuat hormon stres kortisol melonjak.

Lalu anak perempuan ini dibagi menjadi tiga kelompok. Satu kelompok diberikan kenyamanan fisik seperti pelukan atau merangkul bahu oleh ibunya, kelompok kedua diberikan suara ibu melalui telepon sedangkan kelompok ketiga diberikan film yang netral secara emosional.

Ternyata hasil penelitian menunjukkan kadar hormon oksitosin,-- yaitu hormon yang diyakini sangat terkait dengan ikatan sosial dan salah satu hormon yang dapat mengurangi efek dari kortisol--, meningkat pada dua kelompok pertama dengan jumlah yang sama. Tapi hal ini tidak terjadi pada kelompok ketiga yang hanya diberikan suguhan film.

"Selama ini diyakini bahwa pelepasan oksitosin dalam konteks ikatan sosial memerlukan adanya kontak fisik. Tapi dari hasil ini diketahui bahwa suara seorang ibu bisa memiliki efek yang sama seperti pelukan, meskipun sang ibu tidak ada di sana," ujar Dr Leslie Seltzer yang memimpin penelitian dari University of Wisconsin-Madison, seperti dikutip dari BBCNews, Rabu (12/5/2010).

Karena itu bagi ibu yang sibuk bekerja, tak ada salahnya untuk menelepon si kecil setiap beberapa jam sekali untuk mengetahui kondisinya dan membuatnya merasa rileks atau nyaman karena mendengar suara sang ibu.

http://2.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/S-zthuMRSqI/AAAAAAAAASs/w5UgjM30j7o/s1600/suara-ibu-dalam-dailymail.jpg
detik.com
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Suara Ibu di Telepon Sama Seperti Pelukan Bagi si Kecil"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2015 B-Mus - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top