Menyiasati Pengeluaran Berlebihan

Seberapa sering Anda menyadari bahwa Anda telah membelanjakan uang secara berlebihan untuk pengeluaran tertentu. Padahal, jika Anda membeli barang tersebut dengan cara atau tempat yang berbeda, mungkin Anda bisa lebih menghemat pengeluaran. Beberapa trik di bawah ini bisa Anda lakukan untuk tujuan tersebut:

1. Jika Anda ingin membeli pakaian, tas, dan sepatu, berusahalah untuk menghindari pembeli produk-produk fashion seperti ini saat baru terpajang di etalase, atau di deretan "new arrival" karena harganya masih mahal.Bersabarlah sedikit, tunggu hingga barang tersebut didiskon di department store langganan Anda. Cek juga harga sebelum dan sesudahnya, supaya tidak tertipu diskon palsu.

2. Ketika akan membeli bahan-bahan makanan, hindari berbelanja bahan-bahan tersebut di supermarket. Apalagi, membeli bahan makanan impor, atau yang merupakan bahan makanan organik.Berbelanjalah di pasar tradisional atau di tukang sayur yang lewat di depan rumah. Harganya bisa 3-4 kali lipat lebih murah daripada harga di supermarket. Kualitasnya pun tak jauh berbeda. Anda bisa tetap mendapatkan sayuran yang benar-benar segar saat berbelanja di pasar pagi hari.

3. Jika Anda ingin refreshing. Sebaiknya hindari berkunjung ke mall atau kurang frekuensi kunjungan Anda karena mall hanya akan membuat Anda berbelanja lebih banyak.

4. Jika Anda ingin membaca majalah atau menonton DVD. Pertimbangkan apakah Anda perlu berlangganan tetap selama setahun, jika majalah-majalah tebal itu tak pernah habis Anda baca? Atau koleksi DVD yang semakin menumpuk tapi tidak pernah ditonton. Beli saja majalah secara eceran, setelah memastikan bahwa informasinya memang Anda perlukan. Cara lain adalah dengan meminjamnya dari teman. Hal yang sama juga berlaku untuk DVD. Anda bahkan bisa bertukar koleksi film dengan teman-teman.
Source : kompas.com
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Menyiasati Pengeluaran Berlebihan"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2015 B-Mus - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top