Mengenal Radio Control


Radio Control atau disingkat RC merupakan pemacar atau transmitter pengendali yang dipegang pilot di darat. Fungsinya begitu vital karena pesawat bisa dikendalikan melalui alat ini. Hal ini tentunya pesawat juga harus dilengkapi dengan alat penerima atau receiver agar pilot dan pesawat dapat 'berkomunikasi'. Wah...ternyata pengendalinya juga disebut 'pilot' meskipun tidak ikut terbang. Unik juga ya...?

Lagi-lagi saya harus berterimakasih kepada Om Darwin dari Grage Aeromodeling karena saya mengutip gambar transmitter yang pernah diulas di forum Grage. OK, lanjut... Sebenarnya jenis transmitter yang lazim digunakan dalam dunia aeromodelling terbagi tiga yakni model pertama yang populer di Eropa, model kedua populer di Amerika, dan model ketiga populer di Asia.

Gambar di atas merupakan model transmitter yang populer di Asia. Terdapat dua stik yaitu pada bagian kiri dan kanan. Stik kiri adalah throttle jika di digeser ke depan maka kecepatan pesawat akan bertambah. Sebaliknya, jika digeser kebelakang kecepatan laju pesawat akan berkurang. Jika stik digeser ke kiri atau ke kanan aileron maka pesawat akan berguling di udara.

Nah, untuk stik sebelah kanan atau stik elevator apabila digeser ke depan maka pesawat akan turun sebaliknya apabila digeser ke belakang maka pesaat akan naik. Selanjutnya stik rudder apabila stik digeser ke sebalah kiri maka pesawat akan belok ke kiri dan jika digeser ke kanan maka pesawat akan belok kanan. Nah, kira-kira sudah ada bayangan mengenai RC pesawat? Gampang khan..?
sumber:http://aeromodelingpemula.blogspot.com/2008/01/mengenal-radio-control.html
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Mengenal Radio Control"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2015 B-Mus - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top