Tips Agar Kopi Nikmat Disajikan

    Semula, kopi Anda beraroma segar dan nikmat di lidah. Tapi kok, lama-lama terasa hambar ya? Jelas saja. Udara mempengaruhi. Juga waktu,kelembaban, cahaya, dan sebagainya. Sama kok dengan minuman dan makanan yang lain. Bila dibiarkan tanpa perlakukan khusus, nikmatnya jadi berkurang. Lantas, harus bagaimana? Inilah tips untuk mempertahankan rasa kopi:
  • Simpan kopi Anda di dalam tempat rapat dan tertutup dengan baik. Letakkan di tempat yang kering namun sejuk. Jauhkan tempat penyimpanan kopi dari perapian ataupun kompor. Juga jangan diletakkan di tempat yang dekat dengan sinar matahari langsung.
  • Masukkan sebagian kecil yang akan digunakan sehari-hari di dalam wadah tertutup. Masukkan sisanya ke dalam plastik kedap udara dan simpan di freezer. Namun bila sekali lagi dikeluarkan dari freezer, jangan dimasukkan kembali. Perubahan suhu akan menyebabkannya lembab. Maka, simpan di tempat kering dan sejuk segera.
  • Tunggu 30-60 detik sebelum menuangkannya ke dalam cangkir. Kopi dapat diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Kopi yang nikmat umumnya diseduh dengan komposisi 100 gram bubuk kopi dengan 150 cc air bersuhu 90 derajat Celsius. Ini berlaku untuk biang kopinya. Silakan menambahkan air sesuai selera.
  • Kalau Anda penikmat kopi tubruk, pakailah air yang telah mendidih untuk menyeduh kopi. Air mendidih langsung dituang di kopi tubruk agar aromanya terasa. Otomatis, air panas tadi akan memasak serbuk kopi. Janganlah membuat kopi tubruk dengan air yang hanya hangat-hangat kuku, karena serbuk kopi tidak akan mengeluarkan aroma dan rasa yang pas bagi penikmat kopi sejati. Kadang perut ini juga bisa kembung bila mencicipi kopi tubruk yang tidak diseduh dengan air mendidih.
  • Air seduhan kopi harus berkualitas baik. Jangan pakai air yang banyak mengandung zat besi.
  • Kopi yang dicampur dengan cream dan susu tidak akan mengurangi kualitas dan manfaat kopi untuk tubuh. Tapi mencampur kopi dengan cream tidak dianjurkan untuk orang yang kelebihan kalori.
  • Kalau memakai coffee maker, pastikan wadahnya bersih dari sisa-sisa kopi sebelumnya, karena hal itu dapat menimbulkan bau apek.
  • Kenali bila tubuh mengharuskan Anda berhenti minum kopi. Misalkan jika gelisah, jantung berdebar, gangguan mood atau tidak dapat tidur sepanjang malam.
  • Dalam dunia perkopian ada istilah decaffeinated (decaff) coffee, yakni kopi tanpa kafein. Kopi ini berguna bagi mereka yang mengalami obesitas, karena dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam darah sampai 50 persen. Bahkan untuk yang tidak mengalami obesitas, kopi ini bisa menurunkan HDL yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.
  • 5 mg kalsium akan hilang untuk setiap 6 ons kopi yang dikonsumsi. Namun kehilangan kalsium dapat diatasi dengan menambahkan 2 sendok susu atau membuat espresso latte.
  • Mencampur kopi dengan alkohol sangat tidak disarankan, terutama bagi orang dengan gangguan liver (hati).
  • Bila Anda sakit maag, jangan minum kopi ketika perut kosong. Zat asam alami kopi bisa mempengaruhi enzim di lambung.
  • Jangan minum kopi mendekati waktu tidur, karena efek kopi membuat orang tetap terjaga. Minumlah 5-6 jam sebelumnya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjo4QhJC8ECM6_6_wNI3gLDgTtw_FyHUVBv7k4ewQrlCk2rvGIerDR793LSz02gdIEY4bDxdGmFCarhzksRMijk5rTGRi-8JMcxIoXu9OfnbiReKJXydRD7aBkFCWbgTKrLhtytbmso1wU/s320/kopi+aceh.JPG

sumber : shvoong
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tips Agar Kopi Nikmat Disajikan"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2015 B-Mus - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top