Bangsa Kazakhs

Kazakhs adalah orang Turki bahagian utara Asia Tengah. (sebahagian besar [Kazakhstan, tetapi juga ditemui di Uzbekistan,China,Russia dan Mongolia).

Mereka berasal dari keturunan suku suku Turki (Kipchaks dan Naimans, Cumans, Nogais, Qarluqs, Kankalis),kumpulan Mongol (Kiyat, Kerait, Onggirat, Argyns, Manghud, Jalayir, Dughlat), famili Indo - Iran (Wusun, Sarmatians, Sacae, Scythians, dll) dan Hun yang penduduknya tinggal di wilayah antara Siberia dan Laut Hitam dan metetap di Asia Tengah ketika Turki dan kumpulan Mongolic mula menakluk pada abad ke-15 dan ke-13 AD .

Kebudayaan orang Kazakh adalah berbagai karena faktor phenotypical. Bentuk tenda Mereka lebih condong ke Mongoloid. Kulit mereka coklat, hidung bengkok dan tulang pipi tinggi. Nomaden ini berkeliaran di Pegunungan Altai di utara Mongolia dan ada juga di padang-padang rumput steppe Asia Tengah.

Alat musik yang populer adalah dombra - memetik kecapi dengan dua senar. Alat ini digunakan ketika nyanyia solo dan berkelompok.

Mereka mempunyai sistem perkawinan exokamous yaitu pernikahan dengan keturunan nenek moyang dianggap tabu. Dalam perkawinan, keturunan ayah menentukan.

Bahasa yang digunakan mirip bahasa Turki yang tersebar di Eropa Timur, Asia Tengah, Xinjiang, dan Siberia. Bahasa ini mirip menyamai bahasa Uzbek, Kyrgyz, Tatar, Uyghur, Turki, Azerbaijan dan Turkmen.

Agama anutan mereka adalah Islam, yang dibawa oleh orang Arab pada abad ke-8. Awalnya Islam tersebar di Turkistan, kemudian tersebar di utara. Ia ada kaitan dengan misionaris Samanid di sekitar Taraz di mana banyak orang Turki memeluk agama Islam. Pada tingkat awal, Russia membiarkan agama Islam berkembang di mana ulama Muslim diundang memberi khutbah. Semangat keagamaan ini membentuk pengikut Pan-Turkisme.


http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/8/8b/Absattar_Derbisali.png

sumber : wikipedia.com
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Bangsa Kazakhs"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2015 B-Mus - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top