Upacara pembakaran mayat di Bali ( Ngaben )

Ngaben adalah upacara pembakaran mayat atau kremasi umat Hindu di Bali, Indonesia. Acara Ngaben merupakan suatu ritual yang dilaksanakan guna mengirim jenasah kepada kehidupan mendatang. Jenasah diletakkan selayaknya sedang tidur, dan keluarga yang ditinggalkan akan senantiasa beranggapan demikian (tertidur). Tidak ada airmata, karena jenasah secara sementara waktu tidak ada dan akan menjalani reinkarnasa atau menemukan pengistirahatan terakhir di Moksha (bebas dari roda kematian dan reinkarnasi).

Hari yang sesuai untuk acara ini selalu didiskusikan dengan orang yang paham. Pada hari ini, tubuh jenasah diletakkan didalam peti-mati. Peti-mati ini diletakkan di dalam sarcophagus yang menyerupai Lembu atau dalam Wadah berbentuk vihara yang terbuat dari kayu dan kertas. Bentuk lembu atau vihara dibawa ke tempat kremasi melalui suatu prosesi. Prosesi ini tidak berjalan pada satu jalan lurus. Hal ini guna mengacaukan roh jahat dan menjauhkannya dari jenasah.

Puncak acara Ngaben adalah pembakaran keluruhan struktur (Lembu atau vihara yang terbuat dari kayu dan kertas), berserta dengan jenasah. Api dibutuhkan untuk membebaskan roh dari tubuh dan memudahkan reinkarnasi.

Ngaben tidak senantiasa dilakukan dengan segaera. Untuk anggota kasta yang tinggi, sangatlah wajar untuk melakukan ritual ini dalam waktu 3 hari. Tetapi untuk anggota kasta yang rendah, jenasah terlebih dahulu dikuburkan dan kemudian, biasanya dalam acara kelompok untuk suatu kampung, dikremasikan.

http://2.bp.blogspot.com/_WZJDHzS8mqs/SKlFG52nQaI/AAAAAAAACcU/0MlG88e0JOM/s400/Ngaben_14.JPG

http://farm1.static.flickr.com/174/391696076_8423ef60df_m.jpg

http://3.bp.blogspot.com/_PzBgx3r8koA/SxPV5KPRjCI/AAAAAAAAAA0/Wr2CfAIC_KA/s1600/ngaben.jpg

http://1.bp.blogspot.com/_vbTJAqnzRlk/SSJ7uTgXw6I/AAAAAAAAAa8/uN73nXRMryQ/s400/Ngaben+Massal-1.JPG

sumber : wikipedia
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Upacara pembakaran mayat di Bali ( Ngaben )"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2015 B-Mus - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top