Langkah Cegah Kanker Payudara

Kanker. Mendengar namanya saja banyak orang sudah mengidentikan maut bagi para penderitanya. Terlebih lagi Kanker Payudara yang paling banyak diderita manusia dan memiliki peringkat pertama sebagai penyebab kematian. Namun Kanker Payudara dapat dicegah. Beberapa hal di bawah ini merupakan pencegahan timbulnya Kanker Payudara.
o Aktif bergerak
Tidak ada kata tua untuk mulai berolahraga. Penelitian menyebutkan, olahraga akan menurunkan kadar hormon estrogen, yang berkaitan dengan kanker. Lakukan olahraga minimal 30 menit sehari.
* Kurangi berat badan
Setelah menopause, perempuan yang obesitas punya risiko lebih besar terkena kanker payudara dibanding rekannya yang punya berat badan normal.
# Cukupi kebutuhan vitamin D
Studi yang menegaskan manfaat vitamin D sebagai anti-kanker terus bermunculan. Yang terakhir menyebutkan, 94 persen pasien kanker payudara yang kekurangan vitamin D, kankernya lebih cepat menyebar dibanding mereka yang cukup vitamin D.
+ Batasi alkohol
Data terbaru dari National Cancer Institute menunjukkan perempuan yang minum satu atau dua gelas alkohol setiap hari memiliki risiko terkena kanker payudara 32 persen lebih besar.
o Perhatikan gejalanya
Gejala awal kanker payudara dapat berupa benjolan yang biasanya dirasakan berbeda dari jaringan payudara di sekitarnya, tidak menimbulkan nyeri, dan biasanya memiliki pinggiran tidak teratur.
* Lakukan deteksi dini

Skrining dan deteksi dini sebetulnya dapat secara signifikan menurunkan stadium pada temuan kasus kanker payudara. Selain mamografi, pemeriksaan payudara sendiri (Sadari) yang dapat diajarkan

http://2.bp.blogspot.com/_RWTzgsaXvcQ/SFYNkhLnkMI/AAAAAAAAA4k/b9C1k5Le0Ag/s400/kanker_payudara.jpg


Pengarang : Intan
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Langkah Cegah Kanker Payudara"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2015 B-Mus - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top