Tips Menjaga Kebugaran Otak

Menjaga kebugaran otak itu sangat penting agar tidak menjadi (cepat) pikun atau pelupa. Aaron P. Nelson memberikan beberapa langkah untuk hal dimaksud.

1. Mencegah atau mengontrol hipertensi dan hiperlipidemia.
2. Melakukan olahraga kardiovaskular secara teratur, atau aerobik selaam 30-40 menit setiap hari, paling tidak empat hari per minggu.
3. Jangan terlalu banyak minum alkohol. Minum alkohol itu penting untuk otak tapi dalam takaran 1 gelas per hari. Jangan lebih dari itu.
4. Tidur malam yang nyenyak. Tidur normal bagi manusia itu rata-rata 8 jam per hari. Namun semua tergantung dari individu. Jika mengalami masalah dengan tidur, silakan konsultasikan ke dokter.
5. Mengelola stres. Stress itu bukan hal buruk. Manusia memerlukan stres pada tingkatan moderat atau menengah karena dapat meningkatkan fungsi kognitif dengan membuat kita dalam kondisi siaga, sekaligus memfokuskan perhatian sepenuhnya pada suatu tugas. Tapi jika stres sudah berlebihan bisa menurunkan fungsi kognitif.
6. Pertimbangkanlah untuk meminum vitamin, terutama Vitamin C dan B. Kekurangan Vitamin B dapat menyebabkan hilangnya memori.
7. Kurangi penggunaan benzodiazepin dan obat-obatan resep lain yg berpengaruh negatif terhadap fungsi otak.
8. Berhati-hatilah dalam menggunakan obat-obatan yang dijual bebas, terutama jenis-jenis antihistamin, antasid, dan obat tidur.
9. Teruslah mempelajari hal-hal baru.
10. Kurangi aktivitas pasif, misalnya menonton TV.

http://1.bp.blogspot.com/_3ld9cmctGv0/SMjRGYkdHII/AAAAAAAAANs/foF-it-uwL4/s320/brain-763982.jpg

sumber : shvoong
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tips Menjaga Kebugaran Otak"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2015 B-Mus - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top