Memilih menu sarapan pagi yang tepat

Saat tengah bersiap untuk pergi ke kantor seringkali anda menomorduakan sarapan, padahal sarapan sangatlah penting untuk menyediakan energi awal agar aktifitas anda bisa lebih lancar.

Banyak orang yang masih tidak peduli dengan rutinitas makan pagi atau kalaupun dilakukan biasanya tidak memperdulikan kandungan gizinya, yang penting asal perut terisi dan kenyang. Atau bahkan kebalikannya yakni makan pagi dengan jumlah kandungan gizi yang berkelebihan.

Sarapan pagi tidak cuma memberi anda asupan energi untuk aktifitas selanjutnya, menurut pakar Nutrisi Kathleen M Zelman.MPH,RD,LD, menu sarapan yang sehat juga akan membantu konsentrasi pikiran untuk tetap fokus, membuat stamina tetap fit dan yang tidak kalah penting yakni dapat menjaga berat badan tetap stabil. Jadi janganlah salah beranggapan, bahwa dengan makan pagi akan langsung menaikan berat badan, bahkan ada juga yang menghindari makan pagi demi program diet menurunkan berat badan, kemungkinan justru cara itu yang malah merusak diet anda dan berakibat buruk untuk kesehatan.

Teorinya adalah sebagai berikut, saat anda sarapan dengan menu sehat dan seimbang, tubuh akan mendapat nutrisi cukup sehingga rasa lapar tidak segera timbul dan menagih untuk beberapa jam.

Selanjutnya saat jam makan siang, anda bisa mengontrol banyaknya makanan yang akan disantap baik dalam jumlah kalorinya ataupun kandungannya yakni dengan mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat serta lemak serta memperbanyak buah-buahan dan sayuran.


Berikut beberapa pilihan menu praktis sarapan pagi :

1 . Pilihan menu ini banyak dikonsumsi karena kandungan gizinya yang cukup tinggi, dipadukan dengan susu yang mengandung protein tinggi sehingga membuat menu santapan pagi andacukup menyehatkan. “Pilihlah sereal yang terbuat dari jenis Whole Grain (gandum utuh) karena hal ini akan mengurangi resiko terkena diabetes dan serangan jantung” komentar Lauren B Wallace, ahli Nutrisi. Point plus lain yang didapatkan dari sereal jenis ini adalah adanya kandungan protein, lemak tak jenuh, serat, vitamin B, mineral (zat besi, seng dan magnesium), yang diperlukan oleh tubuh. Untuk anda yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, pilihlah produk susu rendah lemak dan sebisa mungkin meminimalkan pemakaian gula, kalaupun ingin menambahkan gula, usahakan tidak lebih dari setengah sendok makan.

2 . Rata-rata orang masih enggan memilih roti sebagai menu di pagi hari, mungkin karena bagi sebagian orang roti dianggap kurang mengenyangkan, padahal sarapan dua keping atau setangkup roti tawar/kering yang dilapisi selai/sanwich ditambah segelas jus jeruk sangatlah mencukupi.

3 . Pecel

Apabila sereal dan roti kurang terbiasa, pilihan 1 centong kecil nasi kira-kira 100 gram yakni sekitar 175 kalori disertai irisan tempe bumbu atau mie goreng dan sepotong ayam atau ikan ataupun nasi pecel dengan jumlah yang sama disertai sayuran dan ikan, sangatlah mencukupi untuk mengisi sarapan pagi anda disertai jeruk hangat rendah gula.


Pilihlah menu-menu tersebut sesuai dengan selera anda, asal tentu saja tidak berkelebihan, baik dalam jumlahnya ataupun kandungannya.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgj9OoTwz1GYEplCaz73F6404YdkHToCusUnjwb0Qn6gWTWv1PHA42kbQh13_kBwWjZAJtjcUMLsR6PmYXYtl-Ai8E2seAG-nX7gHwBt0Cj6_LHCxy_xMy2_U-c6oXajwt213EahYk0Qv3c/s320/makan-pagi.jpg

sumber : shvoong
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Memilih menu sarapan pagi yang tepat"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2015 B-Mus - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top