Pesawat Trike Tergolong Langka

Pesawat ringan jenis Trike yang hilang di Pangandaran, Minggu siang adalah sebuah pesawat ringan (microlight), hasil modifikasi dari gantole yang dilengkapi mesin. Meskipun di Indonesia masih tergolong agak langka, trike cukup populer di beberapa negara Barat sana. Saat ini, komunitas penggemar trike tergabung dalam wadah Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Bidang Microlight.




Di Indonesia, tak kurang 70 buah pesawat trike tersebar di beberapa pusat komunitas penggemar aero sport seperti Cibubur Jakarta, Lido Bogor, atau Pangkalan Udara (Lanud) Sulaiman yang terletak di Kec. Margahayu Kab. Bandung.

Dari sekian banyak pesawat trike yang ada di tanah air, komunitas penggemar trike di Lanud Sulaiman adalah yang terbesar dengan habitat paling banyak yakni 20 trike lebih.


Berbagai jenis pesawat trike yang ada di Indonesia saat ini adalah impor dari Ukraina, Australia, Prancis, serta Afrika Selatan. Hampir semua pesawat menggunakan mesin rotax dengan bahan bakar bensin.

Perawatan pesawat ini relatif lebih mudah dibandingkan pesawat lain pada umumnya. Bahkan, perawatan trike sama halnya dengan merawat mobil biasa. Banyaknya orang yang tertarik dalam "pergaulan" di udara dengan menggunakan trike karena pesawat ini tergolong sangat aman.

Di beberapa negara maju, fungsi trike telah dikembangkan menjadi pesawat untuk pemupukan lahan pertanian, patroli udara untuk kepentingan pemantauan lalu lintas maupun patroli hutan, foto udara, serta alat untuk berpromosi seperti menarik banner atau menyebarkan selebaran kepada masyarakat.




Penggunaan pesawat trike, jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan pesawat kecil biasa atau bahkan helikopter. Beberapa pilot trike juga mengaku, mengendarai trike dan berkeliling di udara telah membuat mereka lebih sehat dibandingkan sebelumnya.

Cuaca pagi hari, memang sangat ideal untuk penerbangan karena kondisi angin tak terlalu kencang seperti siang atau sore hari.
sumber:http://www.pikiran-rakyat.com/node/117218
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Pesawat Trike Tergolong Langka"

berapa harga pesawat ringan seperti ini?, dimana bisa didapat?, dimana belajarnya?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2015 B-Mus - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top