Ngawi Ramah


BestFast Ngawi, Pada rapat staf Setiap hari Rebo, tanggal 28 Juli 2010, terasa sangat istimewa. Sebab, dibuka dan dipimpin Bupati Ir Budi Sulistyono, Wakil Bupati Ony Anwar Harsono, ST, yaitu Bupati dan Wakil Bupati Ngawi perioda 2010-2015 yang baru dilantik Gubernur Jawa Timur Dr Soekarwo pada tanggal 27 Juli 2010. Rapat staf seperti biasa selalu dipimpin Sekda Ngawi Mas Agoes Nirbito Moenasiwasono. Pak Kanang panggilan akrab Bupati Ngawi perioda tersebut, merubah motto Ngawi yang dulu NGAWI BERJUANG diganti Bupati Harsono dengan NGAWIBERSEMANGAT , dan sekarang pak Kanang mengganti menjadi NGAWI RAMAH.

BERJUANG dan BERSEMANGAT punya kepanjangan, serta makna secara filosofis historys, sosiologis dan normative yang disesuaikan dengan Visi dan Misi serta kebijakan Bupati pada waktu itu. Namun untuk kata RAMAH tidak punya kepanjangan, jadi artinya ditinjau dari sisi mana dan apa saja juga tetap bermakna RAMAH.

Beliau pak Kanang menginginkan membangun Karakter kepada pejabat Kabupaten Ngawi khususnya dan seluruh pegawai Pemerintah Kabupaten Ngawi umumnya agar benar benar RAMAH dalam segala Hal, lebih khusus pada pelayanan Publik, dan tentunya tidak boleh MARAH jika di kritik dan atau di tegur oleh Masyarakat yang merasa dirugikan dan atau tersinggung dalam hal pelayanan.

RAMAH menurut pemikiran kami mempunyai makna yang selaras serasi dan seimbang penuh peduli untuk menerima sesuatu hal secara tulus ikhlas dari qolbu yang paling dalam, hal itu merupakan Ibadah hubungan secara horizontal yaitu hablum minannas dalam ingteraksi sosial, RAMAH akan memberikan implikasi dari Taqwa, karena RAMAH merupakan perintah maupun Amanah ALLAH swt yang harus dilaksanakan oleh orang orang yang beriman, berakal, maupun berfikir.

RAMAH menurut beberapa pejabat Pemerintah Kabupaten Ngawi yang hadir pada waktu rapat tersebut diatas, mengatakan secara spontan menurut beliau mempunyai makna lain yang di sepadankan, dan hal itu telah di Amini oleh Bapak Bupati dan Wakil Bupati Ngawi Perioda 2010 2015, ada 58 kata yaitu :

1.IKHLAS
2 TANGGAP
3. MENGHARGAI
4. SEPENUH HATI
5. MURAH HATI
6. CINTA KASIH
7. SALING MENYAPA
8. MENYENANGKAN
9. MURAH SENYUM
10. SABAR
11. TENGGANG RASA
12. SUPEL DAN LUWES
13. BERSAHABAT
14. MENGELUARGA
15. OJO DUMEH
16. HANDARBENI
17. KEMESRAAN
18. AMANAH
19. TIDAK SOMBONG
20. MENGHORMATI
21. IKATAN BATIN
22. GRAPYAK
23. CERIA DAN TIDAK EMOSI
24. TIDAK AAA (ADIGANG ADIGUNG ADIGUNO)
25. CKS (CINTA KASIH SAYANG SESAMA PEJABAT)
26. PENEBAR SALAM
27. NGALAH OLEH
28. BLATER
29. NRIMO ING PANDUM
30. AAA (ASAH ASIH ASUH)
31. SEMANAK
32. MEMAHAMI
33. TIDAK MEMPERSULIT
34. ATENSI/ PERHATIAN
35. BIJAKSANA/ SANTUN
36. IBADAH
37. GAUL
38. NYANTAI
39. EMPATI/PEDULI
40. PEMAAF
41. AKRAB
42. LUWES
43. MENYEENANGKAN HATI
44. MEMBAUR/ MERAKYAT
45. SELARAS
46. INDAH
47. TIDAK EGO
48. PENYAYANG
49. ANDAP ASOR
50. SUKA MENOLONG
51. BERSAHAJA
52. TEGAS
53. TANGGUNG JAWAB
54. SEMELEH
55. RUKUN
56. SENTUHAN HATI
57. SUMRINGAH
58. RAPI

Sedangkan sesuai dengan kamus on line kata RAMAH kalau di terjemahkan dalam bahasa Inggris adalah : Debonair, Genial, Gentle, Kind, Neighborly. Kemungkinan ada kata sepadan lainnya yang tentunya akan berkembang sesuai dengan perkembsngan jaman, sudah barang tentu dari pakar atau ahli bahasa akan memberikan arti sesuai dengan kompetensinya..

Semoga NGAWI RAMAH tersebut segera di implementasikan dalam melaksanakan kegiatan di semua bidang tanpa terkecuali. NGWI RAMAH tersebut akan membuat masyarakat merasa nyaman dalam melaksanakan kewajiban sesuai dengan kompetensinya. NGAWI RAMAH pelayanan public semakin exellen dan masyarakat bias menikmati, serta kesejahteraan di segala bidang bias terwujud. Tentunya Barakah Rahmah Hidayah dan Ridho Allah swt. Amin ya rabbal alamin.
sumber:http://www.arifast.com/?p=261
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Ngawi Ramah"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2015 B-Mus - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top