mengenal kota Solo atau Surakarta

kota Surakarta di Jawa Tengah, Indonesia. Kota ini juga dikenal sebagai Solo, Sala, dan Salakarta. Nama terakhir yang tak digunakan lagi. Di Indonesia, Surakarta merupakan kota kesepuluh terbesar (setelah Yogyakarta). Sisi timur kota yang melewati sungai di salah satu lagu keroncong terabadikan, Solo. Kota ini pernah menjadi tempat kedudukan residen, yang membawahi Surakarta hingga 1950-an. Surakarta memiliki motto "Berseri" yang menjadi singkatan dari "Bersih, Sehat, Rapi dan Indah." Untuk keperluan pemasaran pariwisata, wisata slogan Solo Solo mengambil Roh Jawa yang diharapkan untuk membangun citra kota Solo sebagai pusat budaya Jawa.

Pendirian dan pengembangan

Surakarta berdiri di wilayah suatu desa bernama Desa Sala, di tepi dari Solo. sarjana Belanda yang memeriksa Bujangga Manik, J. Noorduyn, menduga bahwa ini Sala desa dekat (jika tidak benar-benar ada), salah satu tempat penyeberangan ("saya") di Solo yang disebutkan dalam pelat tembaga "Piagam Trowulan I" (1358 , dalam bahasa Inggris disebut "Ferry Charter") sebagai "Wulayu". Perjalanan Naskah Bujangga Manik dari abad ke-15 di sekitar akir menyebutkan bahwa angka menyeberangi "Ci Wuluyu". Pada abad ke-17 di tempat ini juga dilaporkan di daerah pelintasan "Semanggi" (sekarang masih menjadi nama desa / desa di Kabupaten Pasarkliwon).

Latar belakang pendirian ini adalah pemberontakan Sunan Kuning ("mengamuk Pacinan") pada masa pemerintahan Sunan Pakubuwono (PB) II pada 1742. Pemberontakan dapat ditekan dengan bantuan VOC dan Kartasura direbut kembali, tetapi dengan pengorbanan dari hilangnya wilayah dengan imbalan bantuan VOC Mataram. Istana bangunan telah hancur dan dianggap "tercemar". Sunan Pakubuwana II memerintahkan Tumenggung Honggowongso dan Tumenggung dan Mangkuyudo dan komandan pasukan Belanda Jab van Hohendorff untuk mencari ibu kota baru Mataram. Untuk sebuah istana kerajaan baru dibangun 20 km ke arah tenggara dari Kartasura, pada 1745, tepatnya di desa Sala di tepi Solo. Kemudian nama berubah menjadi Surakarta. (Catatan-catatan panjang menyebut bentuk "Salakarta". Pembangunan istana baru, menurut catatan menggunakan kayu jati dari kawasan Alas Kethu, dekat hutan dan kayu dihanyutkan Kota Wonogiri melalui Solo. Resmi, istana mulai ditempati pada 17 Februari 1745 (atau Rabu pada tahun 1670 Tanggal Jawa Pahing 14 Sura, wuku Landep Sancaya Windu).

Geografi

Kota Solo terletak sekitar 65 km timur laut Yogyakarta dan 100 km tenggara Semarang. Lokasi Kota ini terletak di dataran rendah (hampir 100 meter di atas permukaan laut) adalah diapit di sebelah barat Gunung Merapi dan Gunung Lawu di timur. Lebih jauh ke selatan terletak Gunung Sewu. Di sebelah timur mengalir di Solo dan di utara mengalir Kali Pepe, yang merupakan bagian dari DAS Solo.

Solo adalah tanah berpasir dengan komposisi mineral yang tinggi dari orang-orang muda sebagai hasil dari aktivitas gunung berapi dari dua gunung berapi yang telah disebutkan di atas. Komposisi ini, ditambah dengan ketersediaan air cukup melimpah, menyebabkan dataran rendah sangat baik untuk budidaya tanaman pangan, sayuran, dan industri seperti tembakau dan tebu. Namun, sejak 20 tahun terakhir manufaktur dan industri pariwisata booming, begitu banyak perubahan dalam peruntukan lahan untuk kegiatan industri dan pemukiman penduduk.

Budaya

Surakarta dikenal sebagai salah satu inti karena budaya Jawa tradisional merupakan salah satu pusat politik dan pengembangan tradisi Jawa. Kemakmuran daerah ini sejak abad ke-19 mendorong perkembangan sastra Jawa-bahasa, tari, seni kuliner, fashion, arsitektur, dan berbagai ekspresi budaya lainnya. Orang-orang mengetahui adanya "persaingan" antara Surakarta dan Yogyakarta, kultural, sehingga melahirkan apa yang dikenal sebagai "gaya Surakarta" dan "gaya" di Yogyakarta dalam bidang fashion, gerakan tari, seni tatah kulit (wayang kulit ), pengolahan batik, gamelan, dan sebagainya.

Bahasa

Bahasa yang digunakan di Surakarta adalah bahasa Jawa dialek Mataraman (Jawa Tengah) dengan varian Surakarta. Dialek Mataraman / Jawa pertengahan juga dituturkan di daerah Yogyakarta, Magelang timur, Semarang, Pati, Madison, sebagian besar Kediri. Namun demikian, varian lokal Surakarta dikenal sebagai "varian lunak" karena penggunaan kata-kata meluas sopan santun dalam percakapan sehari-hari, adalah lebih luas dari itu digunakan di tempat lain. Surakarta, Jawa varian bahasa yang digunakan sebagai bahasa Jawa standar nasional (dan internasional, seperti di Suriname). Beberapa kata juga memiliki spesifikasi, seperti pengucapan kata "inggih" ("ya" bentuk krama) penuh (/ iŋgɪh /), berbeda dari beberapa varian lainnya mengucapkan "injih", seperti di Yogyakarta dan Magelang. Dalam banyak hal, dekat Surakarta varian varian-Kediri Madiun, Jawa Tengah wilayah daripada varian lainnya.

Tari

Solo memiliki beberapa tarian lokal seperti Bedhaya (Ketawang, Dorodasih, Sukoharjo, dll) Dan. Srimpi (Gandakusuma dan Sangupati). Tarian ini masih dipertahankan di Istana Solo. Tarian Bedhaya Ketawang resmi seperti hanya setahun sekali menari untuk menghormati Sri Susuhunan Pakoe Boewono sebagai pemimpin di Surakarta.

Batik

Batik merupakan kain dengan pola tertentu yang dihasilkan dari material malam (lilin) yang tertulis pada kain itu, meskipun sekarang telah banyak kain batik yang dibuat dengan proses pencetakan. Solo memiliki banyak pola batik khas, seperti Sidomukti dan Sidoluruh. [6] Beberapa bisnis adalah batik Batik Batik Keris terkenal dan Danarhadi. Pusat perdagangan batik di kota ini berlokasi di Pasar Klewer.

Pengolahan Batik Solo memiliki warna kecoklatan yang khas (Sogan) yang mengisi ruang bebas dari warna, berbeda dari gaya Yogya ruang bebas warna cerah. Pemilihan warna cenderung gelap, mengikuti tren interior batik.

Pariwisata

Solo, juga dikenal sebagai tujuan wisata biasa dikunjungi oleh wisatawan dari kota-kota besar. Selain pemandangan kota dan istana Kasunanan membenarkan, juga memberikan wisata alam di sekitarnya, antara lain Tawangmangu (terletak di sebelah timur kota Solo, di kabupaten tersebut. Karanganyar), kawasan wisata Selo (terletak di bagian barat kota Solo , di kabupaten Boyolali).. Di Solo, juga terdapat sebuah museum batik di Indonesia adalah paling lengkap House of Danar Hadi. Biasanya wisatawan yang liburan di Yogyakarta juga akan berhenti di Solo, atau sebaliknya.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "mengenal kota Solo atau Surakarta"

Sepertinya kedepannya kota solo bakal berkembang pesat ya.

Museum Batik Danar Hadi Solo

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2015 B-Mus - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top