IQ Rendah Rentan Bunuh Diri

Berbagai penelitian menunjukkan kaitan antara tingkat intelegensia (IQ) seseorang dengan kesehatannya. Dalam hal kesehatan mental diketahui pria muda yang memiliki IQ rendah lebih beresiko untuk bunuh diri, dibanding rekan mereka yang lebih cerdas.

Kesimpulan tersebut dibuat berdasarkan analisa terhadap 1,1 juta pria Swedia. Meski tidak disebutkan kecerdasan rendah menyebabkan bunuh diri namun sebenarnya dua hal itu berkaitan.

Dalam penelitian tersebut Finn Rasmussen, dan timnya meneliti data pria yang lahir antara tahun 1950-1976. Para responden tersebut menjalani pemeriksaan fisik dan mental. Kemudian riwayat kesehatan mereka dipantau hingga 24 tahun kemudian.

Diketahui 1,6 persen (sekitar 17.736 pria) mengaku mereka pernah dirawat di rumah sakit karena upaya bunuh diri. Setelah membandingkan dengan data status ekonomi para responden diketahui mereka yang IQ-nya rendah memiliki risiko 9 kali lebih tinggi untuk mengakhiri hidupnya sendiri.

Sayangnya tidak disebutkan bagaimana pengaruh kecerdasan terhadap keinginan bunuh dari. Berbagai literatur menyebutkan olahraga yang dilakukan secara teratur efektif untuk mengatasi depresi. Depresi yang tidak tertangani bisa menimbulkan keinginan bunuh diri.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgoWX02OfCIN8ZOSHNbGacg4PXXTnwDPhz7OT3uVWqQHzuUlibtEzYj5E78NDjaFyGXlbjkWF-i9nM8PRIXbhWeq8iBaJFUzq06fRc-MZC6pBPF9xf5HAL662OcGg9ZWyiPDCmsz029gMwJ/s1600/bunuh+diri.jpg
kompas.com
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "IQ Rendah Rentan Bunuh Diri"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2015 B-Mus - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top