Buckyball


Buckyball adalah molekul yang seluruhnya terdiri dari karbon, dalam bentuk bola yang berongga, elipsoid, atau berbentuk tabung.buckyballs juga disebut Bulat fullerene dan silinder yang disebut nanotubes karbon atau buckytubes. Fullerene serupa dalam struktur grafit, yang terdiri dari lembaran graphene ditumpuk cincin heksagonal terkait, tetapi juga dapat berisi pentagonal (atau kadang-kadang heptagonal) cincin.

pertama yang ditemukan adalah Yang Fullerene adalah C60 buckminsterfullerene, disiapkan pada tahun 1985 oleh Harold Kroto, James Heath, Sean O’Brien, Robert Curl dan Richard Smalley di Rice University. Nama itu sebuah penghormatan kepada Richard Buckminster Fuller, yang menyerupai kubah geodesik. Fullerene sejak ditemukan terjadi (jika jarang) di alam [1].

Penemuan fullerene sangat memperluas jumlah alotrop karbon dikenal, yang sampai saat ini terbatas pada grafit, berlian, dan amorf karbon seperti jelaga dan arang. Buckyballs dan buckytubes telah menjadi subjek penelitian yang intensif, baik untuk mereka yang unik dan kimia untuk aplikasi teknologi mereka, khususnya dalam ilmu material, elektronika, dan teknologi nano.b-mus.blogspot.com
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Buckyball"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2015 B-Mus - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top