Ditemukannya 100 planet yang memiliki karakteristik Bumi


Sebuah Teleskop Kepler yang menjelajahi setiap sudut pandang luar angkasa, saat ini menemukan lebih dari seratus pelanet yang memiliki ukuran hampir sama dengan ukuran bumi. Penemuan ini di dapat setelah teleskop kepler memindai langit untuk menemukan pelanet yang mengorbitkan sebuah bintang. Dengan adanya penemuan ini, dugaan tentang adanya makhluk lain selain manusia yang menempati jagat raya ini semakin kuat. Ilmuwan menduga ada sekitar seratus planet di Galaksi Bima Sakti dengan kondisi yang sesuai, yang memungkinkan terjadi kehidupan. Mereka berharap bisa mengidentifikasi sekitar 60 planet mirip Bumi ini dalam kurun dua tahun mendatang. Pakar astronomi, Dimitar Sasselov, seperti dikutip dari laman Daily Mail, mengatakan, bahwa teleskop mengungkap 140 planet berbeda yang memiliki ukuran mirip Bumi. "Penemuan luar biasa ini memenuhi impian Copernicus," kata Sasselov. Kepler, yang diluncurkan Januari tahun lalu, menemukan planet-planet dengan mendeteksi tiap kali sebuah planet melintasi satu sisi sebuah bintang. Planet-planet tersebut lewat dengan sangat cepat dan hanya bisa tertangkap oleh teleskop. Sasselov memaparkan penemuan Kepler dalam konferensi TEDGlobal di Oxford pekan lalu. "Kehidupan adalah sistem kimia -- kehidupan membutuhkan sebuah planet, air, dan bebatuan, dan kimia kompleks untuk mengawali kehidupan dan bertahan," kata Sasselov.

"Masih banyak yang perlu dilakukan dengan data-data statistik ini, tetapi jelas ada planet mirip Bumi di luar sana. Galaksi Bima Sakit kita kaya akan jenis planet seperti itu," lanjutnya.

Ditahap selanjutnya, ilmuan akan mempelajari semua calon-calon pelanet yang memungkinkan untuk di tinggali, Sasselov mengatakan, dalam 15 ahun terakhir tercatat hampir 500 planet ditemukan dengan memiliki orbit mengelilingi sebuah bintang lain di galaksi, tap hingga sekarang hanya beberapa yang di yakini memiliki karakteristik yang mirip dengan bumi

sumber:http://rank-news.blogspot.com/2011/04/ditemukannya-100-planet-yang-memiliki.html
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Ditemukannya 100 planet yang memiliki karakteristik Bumi"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2015 B-Mus - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top