Tips memberi nama anak

Karena nama anak yang baik dan bagus adalah hak buat anak kita, ada baiknya jika para orang tua bertanggung jawab dalam memberikan nama kepada anak dengan memilihkan sebaik baiknya nama. Tapi jika anda orang muslim tentunya akan lebih baik jika nama anak anda mengandung bahasa arab dan pastikan bahwa arti nama atau maknanya jelas. Tapi apakah nama yang baik harus mengandung bahasa arab ? tentunya tidak. Nama asli Indonesia atau dari suku-suku di Indonesia sangat banyak dan indah diucapkan juga mempunyai makna yang baik pula , misalnya :
Untuk Nama cowok :
Nama Ardi mempunyai arti nama atau bermakna Gunung dan berasal dari nama suku Jawa. Atau Bagaskara juga dari nama Jawa yaitu Bagaskoro yang artinya adalah Matahari.
Untuk nama cewek :
Nama Larasati adalah nama bagus yang banyak di pakai oleh banyak orang yang mempunyai makna jujur dan sabar dan berasal dari nama suku Jawa. Larasati menurut saya sangat enak diucapkan dan indah pula kedengarannya.
Masih banyak sekali nama anak yang bisa anda dapatkan di Internet atau anda juga bisa membelinya di Toko buku.

Rasululloh SAW bersabda,“Seseorang datang kepada Nabi(SAW) dan bertanya,”Ya Rasululloh, apa hak anakku ini?” Nabi SAW menjawab,”Memberinya nama yg baik / bagus, mendidik adab yg baik, dan memberinya kedudukan yg baik (dalam hatimu)”. (HR Aththusi)


Sudah jelas bahwa orang tua berkewajiban memberikan nama anak yang bagus dengan sebaik-baiknya nama. Tapi nama keren anak juga jangan hanya karena enak didengar tetapi maknanya anda sendiri tidak tahu, mungkin karena hanya mengikuti trend pada saat itu. Anak juga akan malu jika mempunyai nama yang jelek.
Website namabayionline.com bisa anda jadikan referensi dalam mencari nama nama anak yang akan anda rangkai untuk buah hati anda. Disana terdapat ribuan nama nama bayi dari seluruh belahan dunia. Tapi ingat anda tetap harus hati hati dalam merangkainya.
Nama anak juga jangan terlalu panjang karena akan menyulitkan anak dalam menuliskannya. Tapi juga jangan terlalu pendek. Saya pernah dengar di Jawa Timur ada anak yang diberi nama “N”. Menurut saya orang tuanya sangat keterlaluan dalam hal ini. Hehehe.
Nama anak juga bisa mencerminkan tingkat pendidikan dari si orang tua anak tersebut loh. Saya gak akan tulis disini tapi anda bayangin saja sendiri nama nama disekeliling anda saat ini.
Sebagai referensi dalam mencari nama keren dan nama yang cakep untuk anak anda, anda juga bisa mencarinya di koran yang memuat pengumuman kelulusan ujian masuk perguruan tinggi, penerimaan PNS atau yang lain-lain.
Dipemakaman juga banyak nama nama islami yang bagus disana, cuman kalo saya kok gak enak rasanya kalo mengambil nama dari pemakaman..hehehe
Apalah arti sebuah nama ? Kata shakesphere.. Untuk urusan yang satu ini saya tidak setuju dengan ucapan pujangga terkenal itu. Bagi saya pribadi nama baik atau nama bagus mempunyai makna yang dalam dan mengandung pesan moral dan doa orang tua kepada kita.
Jadi apakah anda sudah mendapatkan nama nama keren yang akan anda berikan kepada anak anda ?
sumber:http://www.namabayionline.com/2009/07/etika-memberi-nama-anak.html
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tips memberi nama anak"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2015 B-Mus - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top