Senin, 31 Mei 2010

Sejarah Gitar

sejarah gitar:
gitar? atau guitar dalam bahasa Inggris, pada mulanya diambil dari nama alat musik petik kuno di wilayah Persia pada kira-kira tahun 1500 SM yang dikenal sebagai citar atau sehtar. Alat musik ini kemudian berkembang menjadi berbagai macam model gitar kuno yang dikenal dengan istilah umum tanbur. Pada tahun 300 SM Tanbur Persia dikembangkan oleh bangsa Yunani dan enam abad kemudian oleh bangsa Romawi (Bellow, 1970:54-55). Pada tahun 476M alat musik ini dibawa oleh bangsa Romawi ke Spanyol dan bertransformasi menjadi:
(1) guitarra Morisca yang berfungsi sebagai pembawa melodi, dan
(2) Guitarra Latina untuk memainkan akor. Tiga abad kemudian bangsa Arab membawa semacam gitar gambus dengan sebutan al ud ke Spanyol (Summerfield, 1982:12). Berdasarkan konstruksi al ud Arab dan kedua model gitar dari Romawi tersebut, bangsa Spanyol kemudian membuat alat musiknya sendiri yang disebut vihuela. Sebagai hasilnya, vihuela menjadi populer di Spanyol sementara alat-alat musik pendahulunya sedikit demi sedikit ditinggalkan. Walaupun demikian al ud dibawa orang ke negara-negara Eropa Barat dan menyaingi popularitas vihuela di Spanyol. Di Eropa al ud disambut dengan baik dan berkembang menjadi berbagai model lute Eropa hingga kira-kira akhir abad ke-17. Sementara itu vihuela berkembang terus menjadi berbagai macam gitar selama berabad-abad hingga akhirnya menjadi gitar klasik yang digunakan pada saat ini.

http://4.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/TAOq2wLbrGI/AAAAAAAAAZ8/R0mx9V2umLY/s1600/sejarah+gitar.jpg

Minggu, 30 Mei 2010

Melihat Payudara Perempuan 10 Menit bisa menambah umur

Memelototin payudara perempuan selama 10 menit setiap harinya akan memperpanjang usia pria hingga 5 tahun! Alamak!

Informasi ini bukan sekadar canda. Sebuah penelitian di Jerman yang diterbitkan di New England Journal of Medicine tahun lalu, mengatakan, pria yang sering menatap payudara perempuan akan berumur lebih panjang dalam hitungan tahun!

”Memperhatikan payudara perempuan selama 10 menit seimbang dengan senam aerobic selama 30 menit,” kata penulis Dr Karen Weatherby, gerontologist.

Tim yang dipimpin oleh Weatherby ini terdiri dari para peneliti di tiga rumah sakit di Frankfurt, Jerman. Selama lima tahun mereka melakukan penelitian pada 200 orang pria. Setengah dari mereka diharuskan memelototin dada perempuan setiap harinya, sementara setengah lainnya dilarang untuk melakukan hal itu.

Kesimpulannya, kelompok pengintip dada perempuan mempunyai tekanan darah lebih rendah, denyut nadi lebih lambat saat istirahat, dan mengalami gangguan pembuluh darah jantung lebih rendah. “Kenikmatan seksual memacu denyut jantung dan memperlancar sirkulasi darah,” kata Dr. Weatherby.

Dokter ini Dia menganjurkan kaum pria, terutama usia di atas 30 tahun, untuk menonton acara TV seperti Baywatch dan majalah-majalah panas seperti Playboy, yang menampilkan perempuan-perempuan berdada besar.

“Kami percaya jika lelaki memandang dada ukuran ‘cup D’ secara teratur, mereka akan hidup lebih panjang empat atau lima tahun,” kata Weatherby lagi.

http://4.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/TAIWV-QYhXI/AAAAAAAAAZ0/BUvC2aHQs6A/s1600/melihat+payudara+wanita.jpg
medantalk.com

Melatih Otak Tengah menjadikan Anak Jenius

Semua orang tua menginginkan buah hatinya memiliki kecerdasan maksimal. Selama ini diyakini kecerdasan anak diperoleh dengan memaksimalkan fungsi otak kanan atau otak kiri. Ternyata, anak bisa menjadi lebih cerdas dengan memaksimalkan otak tengah juga. Dengan melatih otak tengah anak-anak akan lebih cerdas, inovatif, kreatif, serta intuitif.

Pelatihan otak tengah ini digaungkan oleh salah satu lembaga yang bergerak di bidang pengenalan talenta anak, MAP Quasar Talenta. Mereka telah berhasil mencoba pengaktifkan otak tengah 30 orang anak yang ikut serta dalam pelatihan dari tanggal 1 hingga 2 Mei lalu.

"Kami menggunakan metode MAP (Mesencepalon Activation Program). Langkah pertamanya dengan mengambil sidik jari anak dengan fingerprint analysis. Setelah itu, kami memberikan pelatihan otak tengah anak seperti senam otak," kata CEO MAP Quasar Talenta, Irawati Bagus, saat melakukan aktivasi otak terhadap 15 anak berusia 5 sampai 15 tahun yang bertempat di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan, Minggu (9/5/2010)

Scanning sidik jari yang Iriwati maksud dilakukan untuk mengetahui potensi dasar anak yang dibawanya dari lahir. Barulah setelah itu dilakukan senam otak dengan mendengarkan musik, dan pelatihan menyenangkan lain yang dilakukan trainer terlatih.

Pelatihan otak tengah ini telah terbukti membuat kecerdasan akademis anak meningkat. Karena metodenya yang santai dan menyenangkan, konsentrasi, dan kepercayaan diri anak turut terasah.

Pelatihan otak tengah MAP Quasar Talenta diadakan periodikal setiap Sabtu dan Minggu di Jakarta. Program berikutnya kembali diadakan pada 15 dan 16 Mei bertempat di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan. Diharapkan setiap pekannya bertambah anak-anak jenius Indonesia.

http://4.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/TAF4MiXeNdI/AAAAAAAAAZs/R7qasWCL9c0/s1600/otak+tengah.jpg
kompas.com

Fungsi Otak Kanan Tertekan Otak Kiri

Dunia medis di zaman dahulu menganggap, bahwa perbedaan fungsi otak kanan dan otak kiri tidaklah besar. Namun, saat ini perbedaan kedua fungsi tersebut tidak hanya menjadi pengetahuan yang diakui bersama oleh para praktisi medis pada umumnya, tetapi juga menjadi sebuah cabang ilmu pengetahuan yang khusus diteliti.

Demikian diungkapkan Andrea M Ali, seorang master license dari Brain Child Learning Indonesia wilayah Jakarta Timur, Bogor, dan Depok, di Jakarta, Jumat (28/5/2010). Menurutnya, fungsi otak kiri adalah untuk berpikir nalar, analisa, kemampuan berbahasa dan kemampuan menghitung, dan dapat dikatakan bertanggung jawab terhadap IQ seseorang.

"Seseorang dengan kecenderungan otak kiri yang lebih dominan lebih egois, mementingkan diri sendiri, mudah iri hati, sombong dan lain sebagainya," ujarnya.

Sementara otak kanan, kata dia, bertanggung jawab dalam emosi, daya intuisi, daya kreasi, kesenian, kemampuan refleksi, daya ingat, kepribadian dan lain sebagainya, dan dapat dikatakan bertanggung jawab terhadap emosi (EQ). Seseorang dengan kecenderungan otak kanan, menurutnya, lebih dominan dan cenderung dapat lebih berperasaan serta kurang kemampuan manajerial.

"Pendidikan saat ini kebanyakan lebih mengutamakan otak kiri, sehingga mengakibatkan banyak orang tidak percaya adanya indera intuisi, daya prediksi dan kemampuan perspektif yang merupakan gejala umum di mana fungsi otak kanan tertekan oleh otak kiri," ujar Ali.

Tetapi, Ali melanjutkan, setelah midbrain seorang anak diaktifkan, fungsi dari otak kanan dan otak kiri dapat berjalan secara seimbang. Otak kiri tidak lagi menekan otak kanan.

"Kemampuan prediksi, daya ingat, kesenian dan kemampuan refleks tidak hanya menjadi berkembang, tetapi kemampuan manajerial dan pemahaman mereka juga dapat terpelihara," tuturnya.

Orang seperti itu, kata Ali, akan lebih memiliki rasa cinta kasih, lebih mencintai orang tua sendiri, termasuk orang yang lebih tua, memiliki kecerdasan dan kerukunan. Itulah, yang menurut Ali, sebuah potensi awal yang semestinya dimiliki oleh umat manusia.


Pendidikan kita lebih mengutamakan otak kiri, yang mengakibatkan fungsi otak kanan tertekan oleh otak kiri.

http://3.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/TAF3EmJlygI/AAAAAAAAAZk/wQIaDNTJDjw/s1600/otak+kanan+dan+otak+kiri.jpg
kompas.com

Ketika Perempuan Merokok Dianggap Keren

Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengatakan, jumlah perokok perempuan di Tanah Air cenderung meningkat dari tahun ke tahun. "Menurut survei nasional, ada kenaikan," kata Endang Rahayu saat menyampaikan paparan terkait peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia di Kantor Kementerian Kesehatan Jakarta, Kamis (27/5/2010).

Disebutkan, jumlah perempuan perokok yang tahun 1995 hanya 1,7 persen, sudah meningkat menjadi 5,06 persen pada 2007. Menurut Menteri Kesehatan, hal itu disebabkan antara lain oleh kampanye pencitraan dari industri tembakau yang dari waktu ke waktu kian agresif.

Secara terpisah, pegiat lembaga swadaya masyarakat Lembaga Menanggulangi Masalah Merokok (LM3) Fuad Baradja mengatakan, industri rokok menggunakan trik-trik khusus untuk menarik kaum perempuan mengisap rokok.

Melalui iklan-iklan produk mereka, dia menjelaskan, industri rokok menyampaikan informasi yang menyesatkan tentang rokok. "Dibikin iklan dengan figur-figur yang terlihat keren yang kemudian membuat orang menganggap merokok sebagai hal yang keren. Mereka juga pakai kata-kata mild dan low tar, seolah rokok-rokok itu dampaknya lebih ringan dari rokok yang lain, padahal kenyataannya tidak demikian," katanya.

Iklan-iklan semacam itu, menurut dia, ikut memberikan kontribusi terhadap perubahan pandangan masyarakat terhadap perempuan yang merokok. "Dulu perempuan yang merokok dianggap nakal dan liar. Pelan-pelan pandangan itu berubah, tidak sekuat dulu, sehingga para perempuan tidak lagi merasa malu kalau merokok, bahkan sebaliknya, merasa keren," katanya.

Padahal, kebiasaan merokok sudah terbukti menimbulkan banyak gangguan kesehatan, membuat beban biaya kesehatan meningkat. Asap rokok yang dihirup seorang perokok mengandung komponen gas seperti karbon monoksida, karbon dioksida, hidrogen sianida, dan amoniak.

Selain itu, ada juga oksida dari nitrogen dan senyawa hidrokarbon serta zat kimia yang berbahaya termasuk tar, nikotin, benzopiren, fenol, dan kadmium. Gas dan partikel dalam asap rokok penyakit obstruksi paru menahun (POPM), seperti emfisema paru-paru, bronkitis kronis, dan asma.

Kebiasaan merokok juga menjadi penyebab utama terjadinya kanker paru-paru karena partikel asap rokok, seperti benzopiren, dibenzopiren, dan uretan, dikenal sebagai bahan karsinogen.

Bahan-bahan kimia dalam rokok, kata dokter spesialis kandungan dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta, Tricia Dewi Anggraeni, menimbulkan gangguan pada organ reproduksi perempuan.

"Rokok meningkatkan risiko terhambatnya pertemuan sel sperma dengan sel telur yang dapat mengakibatkan ketidakmampuan melahirkan bayi hidup," katanya. Merokok, ia melanjutkan, juga menghambat pematangan sel telur yang selanjutnya dapat menimbulkan gangguan siklus menstruasi. Bahkan, mempercepat masa menopause serta memperburuk tampilan fisik perempuan, seperti tekstur kulit, suara, dan binaran mata.

"Selain itu, merokok juga menghambat pertumbuhan janin. Perempuan yang merokok juga berisiko melahirkan bayi dengan berat badan rendah, sesudah itu pertumbuhannya juga akan terganggu," katanya.

Hal itu, menurut Menteri Kesehatan, akan menghambat tujuan pemerintah mencapai target Tujuan Pembangunan Millenium (Millenium Development Goals/MDGs), yaitu menurunkan angka kematian ibu.

Oleh karena itu, dia menjelaskan, pemerintah bersama komponen bangsa yang lain berusaha mengendalikan dampak penggunaan tembakau.

Usaha itu, kata dia, antara lain dilakukan dengan membuat regulasi dan menerapkan kebijakan pengendalian dampak tembakau.

"Sudah ada Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan yang mengatur pengamanan produk yang mengandung zat adiktif termasuk tembakau," katanya.

Pemerintah, kata dia, juga mendorong penerapan kebijakan kawasan tanpa asap rokok. "Sekarang ini sudah ada 18 kabupaten/kota yang menerapkan peraturan daerah tentang kawasan tanpa asap rokok," demikian Menteri Kesehatan.

http://3.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/TAF1komBWmI/AAAAAAAAAZc/YSCZbtRG_nA/s1600/wanita+merokok.jpg
kompas.com

9 Cara Lindungi Sendi

Berbagai aktivitas yang kita lakukan setiap hari akan memberi pengaruh pada tubuh, misalnya posisi yang salah saat duduk, membawa beban, atau mengangkat barang, yang dapat menimbulkan efek yang tidak baik bagi tubuh. Berikut beberapa tips untuk melindungi sendi.

1. Awasi berat badan
Menjaga berat badan dalam rentang yang normal menjadi langkah terbaik yang bisa dilakukan bagi kesehatan sendi. Berat badan akan memberi beban pada persendian, seperti lutut, pinggul, dan punggung. Itu sebabnya, mereka dengan berat badan berlebih biasanya memiliki masalah sendi. Segera turunkan berat badan guna mengurangi tekanan pada sendi. Ingat, setiap kenaikan setengah kilogram akan memberi tekanan empat kali lipat pada lutut.

2. Berolahragalah
Olahraga seperti aerobik dapat mengurangi pembengkakan sendi. Pilih olahraga aerobik benturan rendah, seperti bersepeda atau berenang. Cara sehat lainnya adalah banyak bergerak. Ubah posisi duduk secara berkala dan istirahat sejenak dari pekerjaan untuk melakukan peregangan atau berjalan mondar-mandir.

3. Bentuklah otot
Otot yang kuat akan menyokong sendi dengan baik. Latihan beban membantu membangun otot. Namun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memulai latihan beban. Anda tentu tak ingin membuat masalah pada sendi pada saat Anda ingin menguatkannya.

4. Batasi latihan
Sejumlah latihan olahraga bisa jadi terlalu berat bagi sendi. Karena itu, hindari olahraga yang dapat menyebabkan nyeri sendi.

5. Perbaiki postur tubuh
Postur tubuh yang baik, pada saat duduk dan berdiri, akan melindungi sendi leher hingga lutut. Postur yang baik juga membantu melindungi sendi pinggul dan otot punggung. Perhatikan pula postur ketika mengangkat dan membawa barang.

6. Gunakan pengaman
Pastikan Anda menggunakan helm, pelindung lutut, siku, maupun pergelangan tangan saat melakukan aktivitas berisiko tinggi, termasuk bersepeda, bermain sepatu roda. Penggunaan perlengkapan ini akan mencegah terjadinya cedera dan mengurangi tekanan pada sendi.

7. Kompres es
Es merupakan pereda nyeri yang baik dan membantu meredakan pembengkakan pada sendi.

8. Asup makanan bergizi
Makanan bergizi seimbang membantu menguatkan tulang. Tulang yang kuat membuat tubuh stabil dan mencegah terjadinya jatuh yang bisa menimbulkan kerusakan sendi. Pastikan Anda mengasup makanan kaya kalsium serta vitamin D. Konsumsi jeruk juga disarankan karena penelitian menunjukkan vitamin C dan antioksidan lainnya membantu mengurangi osteoartritis.

9. Lindungi dengan glukosamin
Pemakaian glukosamin secara teratur membantu melindungi persendian dan mengurangi risiko osteoartritis.

http://3.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/TAF1MbYKC-I/AAAAAAAAAZU/YicDlHlyBKk/s1600/sendi.jpg
kompas.com

Tip Atasi Nyeri Akut

Cedera ringan seperti nyeri pada bahu setelah bermain tenis, golf, bulutangkis, atau nyeri pada bahu setelah membawa barang belanjaan yang berat dari supermartket, serti nyeri tumit sehabis berjalan jauh atau joging, tergolong dalam nyeri akut urat saraf dan sendi.

Ada pula nyeri akut akibat posisi tidur atau posisi kerja yang salah. Salah posisi tidur menimbulkan keluhan sulit menengok atau memiringkan kepala disertai leher dan pundak terasa nyeri dan kaku. Untuk mengatasi berbagai nyeri akut yang bisa terjadi pada urat saraf dan sendi, dr.Hermawan Suryadi, Sp.S, memberikan sejumlah tip ini.

1. Daerah sendi atau otot yang nyeri sebaiknya diistirahatkan. Bila perlu, balut atau gunakan penyangga untuk siku, bahu, lutut, pergelangan kaki, atau lakukan tirah baring selama beberapa hari.

2. Nyeri akut akibat radang atau infeksi tidak boleh dipijat. Pijatan akan membuatnya bertambah bengkak.

3. Atasi nyeri dengan obat antiinflamasi.

4. Bila keluhan nyeri terus berlangsung, segera hubungai dokter. Dokter bisa saja memberikan obat antiinflamasi yang cukup hingga kemungkinan pemberisan anestesi regional.

5. Selanjutnya mungkin diperlukan fisioterapi dengan terapi panas atau dingin serta elektroanalgesik.

6. Obati secara tuntas hingga nyeri hilang sama sekali. Bila tidak, nyeri yang ada dapat berkembang menjadi nyeri menahun.

http://3.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/TAF0kG1DdYI/AAAAAAAAAZM/kILOnVMoUwM/s1600/Nyeri+Akut.jpg
kompas.com

Tetap Bergairah dengan Zink

Padatnya aktivitas kita sebagai perempuan yang hidup zaman modern membuat kita menjadi cepat merasa lesu dan tidak bergairah. Butuh pasokan semangat? Coba "injeksi" tubuh dengan asparagus, tiram, dan kangkung.

Coba list apa saja peranan yang kita bisa mainkan dalam sehari? Menjadi ibu, wanita karier, juru masak, guru les, sopir, hingga menjadi teman curhat suami. Peranan ini harus kita jalani dengan rela tanpa mengeluh dan libur. Letih? Pasti. Tidak jarang kita sering tiba di rumah dengan rasa lelah yang tidak terkira. Jangankan bicara gairah untuk bercinta, semangat untuk melakukan aktivitas lain pun sudah tidak ada. Yang diinginkan hanyalah segera mandi dan langsung tidur.

Namun tidak dapat dimungkiri, seks merupakan salah satu kunci menjaga keharmonisan dalam sebuah keluarga. Karena itu, jaga gairah kita agar tidak turun dengan mengonsumsi olahan dari asparagus, tiram, dan kangkung.

Menurut penelitian yang dilakukan Fakultas Ilmu Gizi, Florida State University, ketiga makanan tersebut kaya akan kandungan zink yang mampu membangkitkan gairah plus menambahkan tingkat fertilitas seseorang. Selain itu, tubuh yang kurang asupan zink akan membuat wajah kita menjadi terlihat pucat seperti kurang darah dan lebih mudah depresi.

Kelebihan zink lainnya adalah sebagai obat antibiotik untuk menyembuhkan berbagai penyakit, jelas Profesor Julius Suryawidjaya, dosen sekaligus Guru Besar Ilmu Nutrisi Universitas Trisakti. Zink mampu meningkat sistem imunitas tubuh, membunuh bakteri, dan virus, dan obat alami untuk gangguan diare.

Namun, mengonsumsi zink secara berlebih akan menyebabkan alergi, gangguan sumsum tulang, dan melemahkan sistem daya tahan tubuh bagi sebagian orang, tambah Profesor Julius di sela acara Dies Natalis ke-43 Usakti.

Nikmati pula khasiat zink dalam hati, kacang kedelai, dan daging sapi.

http://4.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/TAFz8Q_TDHI/AAAAAAAAAZE/TVc1oxw8j9A/s1600/Manfaat+Zinc.jpg
kompas.com

Kamis, 27 Mei 2010

SERAT PURWOJATI

Ana kidung rumeksa ing wengi,teguh ayu luputa ing lara,luputa bilahi kabeh,jin setan datan purun, paneluhan tan ana wani, miwah panggawe ala, gunane wong luput, geni anemahan tirta, maling adoh tan ana ngarah ing kami, guna duduk pan sirna.

Ada nyanyian yang menjaga malam Kukuh selamat terbebas dari penyakit Terbebas dari semua malapetaka Jin setan jahatpun takut Teluh guna-guna pun tidak ada yang berani juga perbuatan jahat ilmu hitam yang tidak baik sirna menjadi air, pencuri pun jauh tak ada yang berani padaku guna-guna sakti pun lenyap



Sakehin lara pan samja bali, sakehing ama sami miruda, welas asih pandulune, sakehing bradja luput, kadi kapuk tibanireki, sakehing wisa tawa, sato kuda tutut, kayu aeng lemah sangar songing landak, guwaning mong lemah miring, mjang pakiponing merak.

Semua penyakit berpulang ke asalnya, semua hama pergi menjauh, sebab mereka melihat dengan penuh kasih, Semua Senjata tidak mempan, layaknya Kapas yang terjatuh dibadan, Bisa/Racun jadi Tawar, kuda dan hewan liar jadi jinak, Kayu kerasukan Tanah Angker tempat Hantu jadi bersih , Orang otaknya miring/Gendheng/stres jadi Sadar



Pagupakaning warak sakalir, nadyan arca myang sagara asat, satemah rahayu kabeh, dadi sarira aju, ingideran mring widhadari, rinekseng malaekat, sakatahing rusuh, pan dan sarira tunggal, ati Adam utekku Bagenda Esis, pangucapku ya Musa.

Penawar bagi segala sesuatu, ibarat dibacakan pada samudra yang kering, akan kembali seperti semula ,sejahtera dan bahagia, layaknya di kelilingi bidadari, sebab di jaga para malaikat, dihindarkan dari kejahatan, karena semua Nabi telah menyatu dalam diriku , Hatiku Nabi Adam Otakku Baginda Nabi Sis, Ucapanku adalah Nabi Musa



Napasingun Nabi Isa luwih, Nabi Yakub pamiyarsaningwang, Yusuf ing rupaku mangke, Nabi Dawud swaraku, Yang Suleman kasekten mami, Ibrahim nyawaningwang, Idris ing rambutku, Bagendali kulitingwang, Abu Bakar getih, daging Umar singgih, balung Bagenda Usman.

Nafasku adalah Nabi Isa yang luhur , Nabi Yaqub penglihatanku, Nabi Yusuf ada di Wajahku, Nabi Daud Suaraku, Nabi Sulaiman adalah Kesaktianku, Nabi Ibrahim Nyawaku, Nabi Idris rambutku, Baginda Ali Kulitku, Abu Bakar Darahku, Dagingku Umar bin Khotob, Tulangku Baginda Utsman.



Sungsumingsun Fatimah Linuwih, Siti Aminah bajuning angga, Ayub minangka ususe, sakehing wulu tuwuh, ing sarira tunggal lan Nabi, Cahyaku ya Muhammad, panduluku Rasul, pinajungan Adam syara”, sampun pepak sakatahing para nabi, dadi sarira tunggal.

Sungsumku Fatimah yang luhur, Siti Aminah lah Bajuku, Nabi Ayub adalah Ususku, dan semua bulu yang tumbuh, pada diriku adalah Nabi, Cahaya Auraku adalah Nabi Muhammad, Pandanganku adalah Rasul di payungi Adam Syara’, lengkap sudah Semua Nabi ,menjadi Satu dalam Diriku



Wiji sawiji mulane dadi, pan apencar dadiya sining jagad, kasamadan dening Dzate, kang maca kang angrungu, kang anurat ingkang nimpeni, rahayu ingkang badan, kinarya sesembur, winacakna ing toja, kinarya dus rara tuwa gelis laki, wong edan dadi waras.

Bermula dari Satu benih, dan kemudian berpencar menjadi isi dunia, yang telah kandungi oleh DzatNYA, yang membaca, yang mendengar, yang menulis dan menyimpan, Sejahteralah dirinya, bisa pula digunakan sebagai obat penawar , caranya di dengan dibacakan pada air, kemudian untuk mandi, Perawan Tua akan lekas dapat Jodoh, Orang yang Gila akan sembuh



Lamun arsa tulus nandur pari puwasaa sawengi sadina, iderana gelengane, wacanen kidung iki, sakeh ama tan ana wani, miwah yen ginawa prang wateken ing sekul, antuka tigang pulukan, mungsuhira lerep datan ana wani, teguh ayu payudan.

Bila kamu berniat menanam padi disawah, puasalah sehari semalam, kelilingilah pematangnya, Bacalah Nyanyian ini, maka semua hama tak akan pernah mendekat, juga bila kamu berangkat perang bacalah pada nasi, makanlah tiga kepal , musuhmu akan takut takkan ada yang berani, kukuh selamat di medan laga



Lamun ora bisa maca kaki, winawera kinarya ajimat, teguh ayu penemune, lamun ginawa nglurug, mungsuhira datan udani, luput senjata uwa, iku pamrihipun, sabarang pakaryanira, pan rineksa dening Yang Kang Maha Suci, sakarsane tineken.

Bila kamu tak bisa membaca wahai cucuku, buatlah sebagai Jimat, akan kukuh dan jernih pemikiranmu, bila dibawa untuk mendatangi musuh, musuhmu tak akan berkutik, senjatanya tak akan mempan, itulah tujuannya, apapun pekerjaanmu selalu dijaga oleh Tuhan Yang Maha Suci, apapun keinginanmu selalu di kabulkan



Lamun ana wong kabanda kaki, lan kadenda kang kabotan utang, poma kidung iku bae, wacakna tengah dalu, ping salawe den banget mamrih, luwaring kang kabanda, kang dinenda wurung, dedosane ingapura, wong kang utang sinauran ing Yang Widdhi, kang dadi waras.

Bila ada orang yang terhukum wahai cucuku,dan harus membayar denda ataupun bagi mereka yang terbelit hutang, wahai cucu gunakanlah nyanyian itu, bacalah di tengah malam, dua puluh lima kali dengan kesungguhan agar, hukuman dibatalkan, dan kesalahannya di ampuni, biarlah hutang orang itu Tuhan berkenan membayarnya, sehingga semua urusan selesai



Sing sapa reke arsa nglakoni, amutiha amawa, patang puluh dina wae, lan tangi wektu subuh, lan den sabar sukur ing ati, Insya Allah tineken, sakarsanireku, nyawabi nak - rakyatira, saking sawabing ilmu pangiket mami, duk aneng Kalijaga. Kuwasaning Artadaya.

Siapa yang bersedia mengamalkan, dengan ditambah mutih, cukuplah empat puluh hari saja, selalulah bangun di waktu subuh, dan selalu sabar serta bersyukur didalam hati, Insya Allah akan terkabulkan, keinginanmu, juga semua keluargamu mendapatkan berkah, berkah dari ilmuku yang kudapatkan, ketika masih menjaga Sungai (Kalijaga/Jaga Kali) dari Kuasa-nya Artadaya



Sapa kang wruh Artadaya iki, pan jumeneng sujanma utama, kang wruh namane Artate, masyrik magrib kawengku, sabdaning kang pandita luwih, prapteng sagara wetan angumbara iku, akekasih Sidanglana, Sidajati ingaranan Ki Artati, nyata jati sampurna.

Siapa yang mengerti akan Artadaya ini, pastilah menjadi manusia Utama, mengerti akan sebutan Artati, kekuasannya meliputi masyrik maghrib, Sabdanya Seperti Pandhita Sakti, yang asalnya dari lautan timur itu, namanya Sidanglana, Sidajati disebut pulq Ki Artati, kenyataan Sempurna Sejati



Ana kidung reke Ki Artati, sapa wruha reke araning wang, duk ingsun ing ngare, miwah duk aneng gunung, Ki Artati lan Wisamatti, ngalih aran ping tiga, Artadaya tengsun araningsun duk jejaka, mangka aran Ismail Jatimalengis, aneng tengahing jagad.

Ada nyanyian tentang Ki Artati, ketahuilah sebutan itu, ketika masih di ngarai/lembah juga ketika digunung Ki Artati atau Wisamatti, berganti nama tiga kali, Artadaya adalah namaku ketika masih perjaka, juga disebul Ismail Jatimalengis, adanya di tengah-tengah alam





Sapa kang wruh kembang tepus kaki, sasat weruh reke Artadaya, tunggal pancer lan somahe, sing sapa wruh panu……sasat sugih pagere wesi, rineksa wong sajagad, ingkang….iku, lamun kinarya ngawula, bratanana pitung dina….gustimu asih marma.

Siapa yang tahu kembang Tepus cucuku , bagaikan tahu Artadaya ,satu tempat tinggal bersama istrinya, Siapa yang tahu (akan tujuannya), bagaikan kaya dan berpagar besi, dijaga semua orang didunia, yang( melantunkan nyanyian) itu, bila digunakan untuk bekerja atau mengabdi, berpuasalah tujuh hari (………), maka Sang Raja akan mengasihimu selalu



Kang cinipta katekan Yang Widhhi, kang….. madakan kena, tur rineksa Pangerane, nadyan….. lamun nedya muja samadi, sesandi ing nagara, …..dumadi sarira tunggal, tunggal jati swara, …..aran Sekar jempina.

Doanya selalu dikabulkan Tuhan, yang di (dicita-citakan) selalu tecapai, dan pula selalu dijaga oleh Tuhan, walaupun tidak bisa melihat wujud-NYA ketika sedang bersamadi,ataupun saat melarung sesaji di lautan, sudah menyatu pada dirinya, manunggal dengan JatiSwara juga Artati, yang bernama Sekar Jempina



Somahira ingaran Panjari, milu urip lawan milu pejah, tan pisah ing saparane, paripurna satuhu, yen nirmala waluya jati, kena ing kene kana, ing wusananipun, ajejuluk Adimulya Cahya ening jumeneng aneng Artati, anom tan keneng tuwa.

Istrinya bernama Panjari, setia sehidup semati, tak pernah berpisah kemanapun pergi, hingga sampai akhir, menjalani kehidupan disini dan disana, kemudian bergelar Adimulya, Cahya-ening berada dalam Artati, abadi /awet muda tak pernah tua



Tigalana kamulanireki, Nilahening arane duk gesang, duk mati Lajang sukmane, lan Suksma ngambareku, ing asmara mor raga jati, durung darbe peparab, duk rarene iku, awajah bisa dedolan, aranana Sang Tyasjati Sang Artati, jeku sang Artadaya.

Tigalana selalu menyertai, Nila ening adalah namanya ketika masih hidup, ketika mati kemudian sukmanya, menuju, kedalam Asmara bercampur dengan Raga, belum punya nama dikala itu, di masa kecilnya suka bermain-main , kemudian sebut saja dia Sang Tyasjati Sang Artati, Itulah Sang ArtaDaya



Dadi wisa mangka amartani, lamun marta temah amisaya, marma Artadaya rane, duk laga aneng gunung, ngalih aran Asmarajati, wajah tumekeng tuwa, eling ibunipun, linari lunga mangetan, Ki Artati nurut gigiring Marapi, wangsul ngancik Sundara.

menjadi Senjata/bisa yang bisa diandalkan,bila terkena pastilah hancur,maka dari itu dinamakan ArtaDaya, ketika berada di gunung, berganti nama menjadi Asmara-jati, kemudian setelah tua ia teringat akan ibunya, kemudian berangkatlah menuju ke timur,Ki Artati berjalan menyusuri Lereng Merapi, Untuk pulang hingga sampai Gunung Sundara.



Wiwitane duk anemu candi, gegedongan reke kang winrangkan, sihing Yang kabesmi mangke, tan ana janma kang wruh, yen weruha purwane dadi.

Berawal ketika menemukan sebuah Candi, di bangun dengan begitu megahya, agar mendapatkan kasih dari Tuhan, tak satupun manusia tahu kapan itu di bangun, tahunya Candi itu telah berdiri



Sagara gunung myang bumi langit, lawan ingkang amengku buwana, kasor ing Artadajane, sagara sat lan gunung, guntur sirna guwa pesagi, sapa wruh Artadaya, dadya teguh timbul, dadi paliyasing aprang, yen lelungan kang kepapag wedi asih, sato galak suminggah.

Laut, Gunung , bumi hingga langit, juga penguasa wilayah itu, kalah oleh kuasa ArtaDaya-nya, samudra pun kering, juga gunung, kilat semua sirna tanpa bekas, Siapapun yang mengerti ArtaDaya akan menjadi kukuh dan kuat, disegani di medan perang, bila bepergian yang berpapasan segan, semua binatang buas menyingkir



Jin prayangan pada wedi asih, wedi asih sagunging drubigsa, rineksa siang-dalune, ingkang anempuh lumpuh, tan tumama mring awak mami, kang nedya tan raharja, sadaya linebur, sakehing kang nedya ala, larut sirna kang nedya becik basuki, kang sinedya waluya.

Jin dan sebangsanya semua segan, dan hanyalah rasa segan dari mereka yang dijumpai, dijaga setap waktu siang dan malam, yang tidak patuh akan lumpuh, tak ada yang mempan terhadap dirimu, semua yang berniat buruk kepadamu, luluh dan sirna hanyalah kebaikan yang bisa tetap hidup



Gunung guntur penglebur guweki, sagara sat bengawan sjuh sirna, kang wruh Artadaya reke, pan dadi teguh timbul, kang jumeneng manusa jati, ngadeg bumi sampurna, Yang Suksma sih lulut, kang manusa tan asiha, Sang Yang Tunggal parandene wedi asih, Yang Asmara mong raga.

Bagai Segunung Petir telah melebur dalam dirimu, lautan menjadi kering sungaipun sirna, bila telah mengerti ArtaDaya, menjadi kukuh dan kuat , menjadi manusia sejati, dimanapun berdiri sempurnalah adanya, Hyang Suksma patuh, tak ada satu manusiapun yang tak mengasihimu, bahkan Dewapun Segan dan menghormatimu, Hyang Asmara selalu menyertaimu



Sagara agung amengku bumi, surya lintang mjang wong sabuwana, wedi angidep sakehe, kang kuwasa anebut, dadya paliyasing prang dadi, paser panah sumimpang, tumbak bedil luput, liwat sakatahing braja, yen linakon adoh ing lara bilahi, yen dipun apalena.

Samudra luas meliputi bumi, cahya bintang menyinari manusia di muka bumi, semuanya tunduk, karena kekuatannya, di segani dikala perang, paser anak panah meleset, tombak dan Bedhil/senjata api meleset, meleset semua senjata, bila di amalkan, terhindar dari penyakit juga malapetaka, bila dihafalkan



Siang dalu rineksa Yang Widhhi, sasedyane tinekan Yang Suksma, kinedepan janma akeh, karan wikuning wiku wikan liring puja samadi, tinekan sedyanira, kang mangunah luhung,peparab Yang Tigalana,ingkang simpen kang tuwayuh jroning ati, adoh ingkang bebaya.

Setiap waktu di jaga Tuhan, semua keinginannya terkabulkan, ramai orang, akan menjuluki sebagai , Brahmananya brahmana karena setiap melakukan samadi, doa permintaannya selalu di kabulkan, dengan adanya ma ‘unah luhur, yang bernama Hyang Tigalana, simpahlah yang engkau dapatkan/tayuh dalam hati, jauh dari mara bahaya



Sakehing wisa tan ana mandi, sakehing lenga datan tumama, lebur muspa ilang kabeh, duduk tenung pan ayu, taragnyana tan ana mandi, sambang dengan suminggah, samya lebur larut, ingkang sedya ora teka, ingkang teka ora nedya iku singgih lebur sakehing wisa.

Berbagai Bisa/racun tak ada yang mempan, berbagai minyak takkan mampu, luluh lantah sia-sia semua, teluh santhet tak kuasa,tak berani mendatangi kecuali menyingkir, semuanya hancur, kejahatan tidak terlaksana, karena semua kekuatannya telah dihancur leburkan



Yen kinarya atunggu wong sakit, ejin setan datan wani ngambah, rinekseng malaekate, nabi wali angepung, sakeh ama pada sumingkir, ingkang sedya mitenah, miwah gawe dudu, rinu sak maring Pangeran, iblis la’nat sato mara mati, tumpes tapis sadaya.

Bila digunakan untuk besuk orang sakit, Jin syetan tak berani mendekat, di jaga oleh para malaekat, semua nabi dan wali mengelilingi, berbagai hama menyingkir, pembuat fitnah, juga pembuat guna-guna, akan rusak oleh Tuhan, Iblis Laknat yang berani medatangi akan mati, ditumpas habis hingga ke akarnya.

http://1.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/S_2PA1UmF-I/AAAAAAAAAY8/vEy9JWf1_X8/s1600/Kidung+Purwajati.jpg
Serat Purwa Jati karya : Kanjeng Sunan kalijaga

5 Hal Seputar Penurunan Libido Pria

Siapa bilang pria selalu siap berhubungan seks kapan saja? Bahkan kaum adam pun memiliki masalah dengan hasrat seksual. Masalah penurunan libido pada pria ini bahkan cukup serius. Kenali lebih dahulu tandanya untuk mengatasi masalahnya.

1. Ancaman bagi hubungan berpasangan
Masalah penurunan hasrat seks pada pria menjadi isu serius untuk hubungan berpasangan. Penderitanya perlu segera mencari berbagai kemungkinan penyebabnya. Berkonsultasi dengan dokter bisa menjadi langkah awal. Namun, penting disadari bahwa stres merupakan penyebab utama menurunnya libido. Jadi sebaiknya mulailah mengontrol stres dalam keseharian. Meyakinkan pasangan bahwa dirinya masih menarik, dan bukan penyebab, juga penting. Hal ini bisa membantu hubungan tetap sehat sambil mencari solusi masalahnya.

2. Masalah psikis dan emosi bisa menjadi penyebabnya
Depresi, stres, kualitas tidur yang buruk, dan konflik dalam hubungan, adalah beberapa saja penyebab menurunnya libido pada pria. Hal ini perlu disadari sejak awal. Karena jika tidak, hubungan bisa memburuk karena pasangan berpikir Anda tak lagi menarik baginya, dan bahkan berasumsi pasangan melirik perempuan lain.

3. Penyakit fisik mempengaruhi libido
Diabetes, gangguan jantung, dan Parkinson adalah beberapa penyakit fisik yang mempengaruhi libido pada pria. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat. Jika penanganan keliru akan timbul masalah lain seperti disfungsi ereksi.

4. Level testosteron rendah
Level testosteron yang rendah menimbulkan gejala seksual dan masalah kesehatan lain seperti menurunnya libido, disfungsi ereksi, penipisan tulang, dan depresi. Terapi penggantian testosteron memungkinkan, dan efektif untuk pria yang mengalami masalah ini. Pria akan menjalani terapi hormon untuk meningkatkan level testosteronnya.

5. Penurunan libido berbeda dengan disfungsi ereksi
Pria yang mengalami disfungsi ereksi umumnya memiliki hasrat seks yang kuat. Namun, mereka kesulitan untuk mengontrol ereksi terkait dengan masalah sirkulasi dan saraf. Sejumlah obat seperti Viagra bisa mengatasi masalah ini, dengan konsultasi dokter tentunya. Karena jika penanganan tidak tepat, bisa mengarah kepada penyakit kardiovaskular. Sedangkan pria dengan libido rendah, umumnya bisa mengontrol ereksi. Tetapi karena sejumlah faktor, dorongan untuk berhubungan seks rendah.

http://2.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/S_2G6vmwzGI/AAAAAAAAAY0/FH_ogXLJlNo/s1600/Penurunan+Libido+Pria.jpg
kompas.com

Tipe-tipe Wanita yang Dihindari Pria

Situs pria, askmen.com mengumpulkan 10 tipe wanita yang ditakuti oleh pria. Jika Anda ingin si dia yang Anda incar itu juga menyukai Anda, hindari bertingkah seperti tipe-tipe di bawah ini.

Sembrono
Tipe wanita yang sembrono yang semaunya saja. Tipe yang ingin kemauannya selalu dipenuhi, tak peduli tata krama, bahkan cenderung bertingkah seperti "preman". Tipe ini mudah ditemui, suaranya biasanya paling lantang bergema jika ada keberatan akan sesuatu atau tidak terpenuhi kemauannya.

Pencemburu
Pria takut dengan wanita yang sangat mudah cemburuan. Menurut askmen.com, tipe ini bisa tiba-tiba menuduh prianya sedang bermain mata dengan wanita yang duduk di belakangnya, atau dengan wanita di kasir yang menyerahkan uang kembalian kepada prianya. Tipe pencemburu ini tak akan sungkan menggunakan sebuah adegan yang kelihatan sepele untuk menuduh pasangannya sedang berselingkuh atau menggoda wanita lain.

Tergantung
Tipe yang sangat ketergantungan ini mirip ular boa di hutan. Konon, tipe ini akan mengeluarkan sisi terbaiknya untuk memikat si pria, dengan segala cara. Sesudah itu, ia akan sangat ketergantungan dengan prianya. Para pria yang sudah terjerat tipe ini akan sulit untuk melepaskan diri. Terlihat dari luar, tipe ini sangat posesif dan amat ingin mengkontrol penuh prianya. Ketika dikonfrontasi, ia akan kembali ke sifat manis, lalu menyerang kembali ketika ada kesempatan.

"Sangat Ramah" Pada Setiap Pria
Tipe ini juga amat ditakuti pria. Tipe ini biasanya memiliki penampilan fisik yang di atas rata-rata. Tak heran jika banyak pria yang berusaha mendekatinya. Yang jadi masalah, ia tak menolak pria-pria yang mencoba mendekatinya. Bahkan, ia akan dengan mudahnya memanipulasi para pria ini. Tak heran kalau ia punya "koleksi" pria yang amat banyak.

The Control Freak
Tipe ini adalah tipe yang memang kurang menyenangkan. Sesama wanita pun akan segan untuk bisa dekat dengan tipe ini. Ia akan mencoba untuk mengkontrol segala hal, seakan ia yang tahu segalanya, dan semua orang harus patuh padanya. Tipe ini akan memulai dengan memberikan saran, ketika sarannya didengar dan terbukti benar, ia akan mulai memerintah dan mendiktekan segalanya.

Misionaris
Wanita semacam ini ingin pendapatnya didengar dan diikuti oleh banyak orang. Jika tipe Control Freak adalah tipe yang sangat lantang menyuarakan pendapatnya, tipe Misionaris lebih kalem, persisten, dan akan menghalalkan cara apa pun agar keinginannya terpenuhi. Ia akan mengajak Anda untuk bergabung dengan pilihannya, pola pikirnya, apa pun yang menurutnya terbaik.

Putus asa
Tipe seperti ini adalah tipe yang sangat menginginkan dirinya berada dalam sebuah hubungan. Namun, tak pernah bisa mengerti mengapa segala hubungan yang pernah ia jalani selalu gagal. Lalu, ketika ia putus asa, ia akan memberikan segalanya untuk si pria. Bahkan tak takut untuk mengambil sikap ekstrem, misal, bersedia untuk hamil meski belum menikah, demi menjerat prianya.

Matre
Nah, tipe ini sudah sangat jelas, hanya menginginkan uang. Wanita semacam ini juga akan menggunakan segala daya yang ia miliki untuk memancing pria yang ia inginkan untuk mengeluarkan uang untuknya.

Bermasalah dengan ayahnya
Tipe ini memiliki rasa marah terhadap ayahnya. Bisa karena pada saat kecil ia merasa kurang dimanja oleh ayahnya. Ada sesuatu dari ayahnya yang membuatnya marah, dan ia menemukan sesuatu di dalam diri pasangannya yang mengingatkan ia akan ayahnya. Tipe ini akan menunjukkan sifat seksual yang agresif dan suka bermain api dengan pria lain.

Si cantik yang gemar menyakiti
Tipe ini menyadari betul bahwa dirinya sangat cantik dan memiliki tubuh yang aduhai. Kecantikannya akan memukau semua pria, namun ia memiliki sifat yang membuat pria menjauhinya. Ketika si pria sudah ingin pisah darinya, biasanya wanita ini akan memancingnya kembali dengan daya tarik fisik. Tipe ini amat ditakuti pria karena segala hal yang disebutkan di atas ada di dalam tipe ini, tapi pria amat sulit keluar dari jerat kecant.

http://3.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/S_2GAsbxxrI/AAAAAAAAAYs/0ngD5l3pZKw/s1600/Wanita+yang+Dihindari+Pria.jpg
kompas.com

Buang Lemak Gaya Pria

Menurut sebuah penelitian yang diadakan British Dietic Association, ternyata saat Anda ingin sukses dalam usaha diet Anda, maka seseorang yang paling tepat dimintai nasihatnya adalah para pria.

Tidak Tergantung Pada Makanan
Siapa pun tak akan bisa menyangkal bahwa Anda memiliki hubungan yang mesra dengan makanan, apalagi ketika stres. Saat sedih atau patah hati, makananlah yang Anda cari, entah itu cokelat, atau es krim. Berbeda dengan pria. Ketika stres, mereka tidak mencari makanan, melainkan aktivitas.

Alasan lainnya, hubungan kaum pria dengan makanan tidak sedekat Anda. Mereka tidak terlalu memikirkan makanan, sehingga jika mereka diet, tidak terlalu merasa kehilangan makanan kesukaan mereka.

Alasan lain kenapa program diet kaum pria lebih sukses dibandingkan Anda adalah alasan mereka melakukan diet memang lebih kuat. Bagi kaum pria, diet bertujuan untuk kesehatan tubuh, agar mereka merasa lebih fit, sehingga ketika diet mereka sangat fokus. Kalau pun memberi dampak terhadap penampilan, itu hanya dianggap sebagai bonus. Makanya tak heran, hasilnya sangat memuaskan.

Berbeda Darah
Jenus darah perempuan yang berbeda dengan pria juga dapat menjadi alasan utama dalam pembakaran kalori. Perempuan memiliki jumlah sel darah merah yang lebih rendah dibandingkan pria, sehingga sel darah perempuan mengirim oksigen lebih sedikit ke jaringan. Hal ini tentunya memperlambat metabolisme. Oksigen dibutuhkan untuk memecah lemak menjadi energi.

Terlebih lagi, ketika berat tubuh pria naik, kelebihan berat tubuh tampak pada bagian perut yang merupakan lokasi pertama yang langsung bereaksi pada setiap program diet. Sementara, pada perempuan penambahan berat badan terjadi pada paha, bokong dan pinggul, yang lebih sulit untuk dikurangi.

Pria Lebih Pede
Peneliti senior, Marlyn Marin menemukan alasan menarik lain yang cukup penting yang menyebabkan kaum pria lebih sukses berdiet dibanding perempuan. "Mereka lebih pede, bahkan dalam kondisi tubuh yang belum sempurna sekali pun. Kaum pria lebih mudah memancarkan sikap positif dalam berdiet, dibandingkan perempuan yang sangat mudah putus asa," katanya.

Menurut Marlyn, body image yang buruk terhadap tubuh sendiri bisa jadi karena sejak kecil Anda sudah mendapatkan tekanan tentang pentingnya memiliki postur tubuh yang ideal. Cantik dalam bayangan banyak orang adalah yang kurus, langsing, dan seksi. Tanpa disadari, hal-hal ini yang membuat banyak orang tidak mencintai tubuhnya sendiri.

Tidak Memaksakan Diri
Program diet sendiri cukup menyenangkan dan tidak membuat pria tertekan seperti yang terjadi pada banyak perempuan. Dari segi hasil diet pun, kaum pria sangat realistis. Jika berat tubuh mereka turun hanya sedikit dibandingkan target, kaum pria tidak terlalu stres. Mereka tetap fokus pada hasil, dibandingkan proses. Mereka juga tidak mencari kambing hitam untuk kegagalan mencapai target. Sebaliknya pada perempuan, sering kali menyalahkan lingkungan luar sebagai kegagalan diet. "Teman ngajak makan di luar terus, sih, jadi dietnya berantakan, deh," begitu dalih Anda, bukan?

Tapi, meski pun kaum pria tampaknya dapat membuang kelebihan berat tubuh dalam waktu singkat, tetapi menurut British Heart Foundation, perempuan memiliki kecenderungan lebih kecil untuk terkena penyakit jantung, stres yang menuju keinginan bunuh diri, dan juga jenis penyakit lainnya, seperti autisme.

Berita baiknya lagi, kelebihan lemak yang cukup banyak dibandingkan kaum pria juga berfungsi untuk menahan diri dari serangan flu dan rasa lapar. Di seluruh dunia, data statistik menunjukkan perempuan lebih lama hidup dibandingkan kaum pria.

http://4.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/S_2Dg1lxuRI/AAAAAAAAAYk/zRR_uF3Z0So/s1600/Buang+Lemak+Gaya+Pria.jpg
kompas.com

Jangan Pernah Mencoba Merokok

Tanggal 31 Mei disahkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai Hari Tanpa Rokok Sedunia atau Hari Tanpa Tembakau Sedunia.

Kampanye antirokok dan tembakau sangat penting agar kematian yang disebabkan oleh tembakau dapat dihindari.

Wah, mengerikan sekali akibat dari merokok. Menurut data yang dikeluarkan WHO, setiap tahun 3,5 juta orang meninggal karena mengisap tembakau. Data angka tersebut cenderung bertambah setiap tahun. WHO menyatakan, rokok dan tembakau adalah penyebab kematian urutan kedua setelah HIV/AIDS.

Beberapa bulan lalu beberapa stasiun televisi menayangkan berita, seorang anak balita berumur sekitar tiga tahun menghabiskan sebungkus rokok per hari. Anak itu merengek dan menangis bila tidak boleh merokok. Berita tersebut tentu saja menghebohkan!

Anak-anak seusia kita sangat rentan bila terkena asap rokok. Paru-paru, jantung, dan organ lain di tubuh kita masih peka terhadap racun yang dikeluarkan oleh asap rokok.

Agar tetap sehat hingga tua nanti, dari sekarang kita harus bisa menjaga kesehatan. Salah satu cara menjaga kesehatan adalah tidak terpengaruh bila ada orang atau teman yang menawari dan mengajak untuk merokok.

Usia kita yang masih sangat muda sangat mudah terkena penyakit infeksi di paru-paru, bronkitis, batuk dan bengek, infeksi telinga, asma.

Penyakit tersebut akan hinggap di tubuh kita bila sejak kecil kita sudah merokok. Jangankan merokok, mengisap asap rokok saja sudah bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Masih banyak kegiatan positif daripada mencoba merokok, misalnya berolahraga bersama teman-teman. Tetap bisa sambil bermain, kan? Berburu dan membaca, entah itu buku pengetahuan atau komik dan buku hiburan lainnya, juga sangat mengasyikkan.

Bingung mencari kegiatan yang menarik? Kita bisa bergabung dengan kelompok pencinta museum. Kelompok ini sering mengadakan kegiatan dengan mengunjungi museum bersejarah.

Yang tak kalah mengasyikkan adalah bergabung ke kelompok pencinta lingkungan.

Sibuk dengan kegiatan positif jauh lebih baik daripada mencoba merokok yang jelas-jelas merusak kesehatan.

Apa yang kita rasakan bila kita berada di dekat perokok? Saat asap mengepul, secara tidak sengaja kita mengisap asap rokok. Bila termasuk anak yang peka, saat itu juga kita merasa pengap dan terbatuk-batuk. Perokok pasif adalah orang yang tidak merokok, tetapi mengisap asap rokok.

Menurut penelitian, perokok pasif menanggung bahaya tiga kali lipat dari perokok aktif. Dua puluh persen zat-zat berbahaya dari rokok masuk ke dalam tubuh si perokok. Sedangkan sisanya, 75 persen, beredar di udara bebas, masuk ke tubuh orang-orang di sekelilingnya.

Kita juga perlu tahu bahwa zat-zat racun rokok yang masuk ke dalam perokok pasif tidak ada penyaringnya seperti filter (penyaring) yang terdapat di ujung batang rokok. Zat-zat bahaya yang terkandung di dalam asap rokok antara lain:

Tar: di dalam tubuh, tar bisa memicu iritasi paru-paru dan kanker. Bila tar masuk ke dalam tubuh perokok pasif, bahayanya tiga kali lipat dibanding perokok aktif.

Nikotin: bisa menyebabkan kecanduan dan tergantung untuk selalu merokok.

Karbon monoksida: zat racun ini bisa menurunkan kadar oksigen dalam tubuh manusia dan bisa memicu penyakit jantung. Pada perokok pasif, bahayanya tiga kali lipat bahayanya dibanding perokok aktif.

Bahan kimia berbahaya lainnya: berupa gas dan zat berbahaya yang jumlahnya sampai ribuan. Kalau zat berbahaya ini masuk ke dalam tubuh manusia, bisa meningkatkan penyakit kanker.

• Asap rokok mengandung sekitar 4.000 partikel zat kimia, 200 di antaranya mengandung racun dan 43 jenis lainnya bisa menyebabkan kanker bagi tubuh manusia. Beberapa zat tersebut, antara lain, tar, nikotin, karbon dioksida.

• Bila suatu tempat dipenuhi asap rokok, tempat itu lebih berbahaya daripada polusi jalanan yang macet.

• Hati-hati pada asap rokok yang baru dimatikan di asbak. Asap ini mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker dan bisa menyebabkan iritasi mata dan pernapasan.

• Merokok merupakan kegiatan yang merusak tubuh karena sangat mengganggu kesehatan.
http://2.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/S_2BERz1sjI/AAAAAAAAAYc/nG21LJds_zk/s1600/mencoba+berhenti+merokok.jpg
kompas.com

Tips Berhenti Merokok

Selain motivasi dari diri sendiri, perokok yang mau berhenti juga membutuhkan dukungan lingkungan sekitarnya. Menurut dokter spesialis kedokteran jiwa Rumah Sakit Persahabatan, dr Tribowo T Ginting, dalam kampanye bebas rokok bertema "Break Free" di Jakarta, Rabu (26/5/2010), setidaknya ada lima hal yang dapat dilakukan dalam mendukung perokok yang ingin berhenti.

1. Bersihkan rumah dari atribut-atribut rokok seperti bungkus rokok, asbak, dan korek. Lalu, ajaklah rekan-rekan sesama perokok untuk tidak merokok di depan perokok yang ingin berhenti.

2. Bersabarlah, khususnya dalam 1-2 minggu pertama. "Kemungkinan akan timbul perselisihan dengan perokok yang sedang berusaha berhenti," kata dr Bowo.

3. Berikan banyak pujian dan penghargaan kepada yang hendak berhenti merokok. "Hargai keputusan mereka yang ingin berhenti, rayakan kalau dalam 1-2 minggu mereka berhasil," tambah dr Bowo.

4. Sediakan waktu untuk mendengarkan curahan hati dan perasaan perokok yang berusaha berhenti.

5. Alihkan perhatian perokok dengan menyibukkan mereka seperti mengajak jalan-jalan atau melakukan aktivitas fisik seperti olahraga pada waktu-waktu biasanya dia merokok. "Permen dapat mengalihkan perhatian perokok saat dia enggak tau mau apa, dia makan permen," tambah dokter spesialis jantung, dr Aulia Sani.

6. Yang terpenting, yakinkanlah perokok bahwa mereka mampu berhenti atau mengurangi kebiasaan mengonsumsi nikotin.

http://4.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/S_2ALi3CJ7I/AAAAAAAAAYU/hW5jLAuT1YY/s1600/Berhenti+Merokok.jpg
kompas.com

Teknologi bahan bakar dari Minyak Kelapa

Inovasinya bertolak dari keprihatinan karena nelayan di daerah terpencil sering kesulitan bahan bakar untuk motor diesel perahu mereka. Padahal, di wilayah pesisir, banyak terdapat buah kelapa yang bisa digunakan sebagai substitusi bahan bakar nabati.

Jadilah sebuah inovasi pengubah minyak kelapa menjadi setara solar. Ketua Departemen Teknik Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) Desrial mengembangkan inovasi tersebut dengan memanfaatkan suhu knalpot untuk mengubah kekentalan minyak kelapa agar sama dengan solar.

”Minyak kelapa memiliki kekentalan 50 sampai 60 centi-Stokes (cSt), sedangkan solar 5 cSt. Pada suhu berkisar 80 sampai 90 derajat celsius derajat kekentalan minyak kelapa sama dengan solar,” kata Desrial, Rabu (19/5/2010) di Bogor.

Gas buang pada knalpot menyebabkan suhu melimpah sampai 350 hingga 360 derajat celsius. Desrial memanfaatkan koil pendingin untuk menurunkan temperatur suhu knalpot.

”Tinggal diatur penempatan koil pada batang knalpot hingga memperoleh keluaran suhu berkisar 80 sampai 90 derajat celsius, kemudian untuk memanaskan minyak kelapa,” kata Desrial.

Minyak kelapa dengan suhu 80 sampai 90 derajat celsius pun siap dikabutkan ke ruang pembakaran mesin diesel. Layaknya solar, minyak kelapa itu menjadi mudah terbakar dan menghasilkan energi gerak mesin.

Teknologi tidak mahal

Inovasi Desrial menggapai prinsip teknologi tidak harus mahal. Desrial menghitung, biaya yang dibutuhkan hanya sekitar Rp 100.000 untuk membeli koil pendingin dan memodifikasi knalpot mesin diesel menjadi konverter minyak kelapa.

Harga minyak kelapa sendiri tentu memiliki standar berbeda-beda. Ini tergantung kemudahan memperoleh bahan baku kelapa. Masyarakat pesisir yang memiliki kelapa melimpah jika memproduksi minyak kelapa tentu akan jauh lebih murah dibandingkan di tempat lainnya.

Kebutuhan untuk membuat minyak kelapa satu liter sekitar 20 butir kelapa. Cara pembuatannya bermacam-macam.

Teknologi paling murah dengan cara mengolah daging buah kelapa segar. Daging kelapa diparut dan diperas menjadi santan. Kandungan santan berupa minyak (lemak) dan air kemudian dipisahkan.

Pemisahannya dengan cara pengendapan atau pemanasan. Pada lapisan atas dengan kandungan minyak, sedangkan lapisan tengah berupa protein. Pada lapisan paling bawah berupa air yang harus dibuang.

Pemisahan dengan pemanasan untuk menghilangkan kandungan air yang lebih cepat mendidih dan menguap.

Cara lain memperoleh minyak kelapa dengan mengeringkan daging kelapa terlebih dahulu. Ini disebut kopra.

Kopra memiliki kandungan minyak 34,7 persen. Kopra lalu dipotong kecil-kecil. Kemudian dengan pengepresan potongan kopra tersebut akan dihasilkan minyak kelapa.

Minyak kelapa yang terkumpul kemudian diendapkan dan disaring. Hasil penyaringan kemudian diberi senyawa alkali kalium hidroksida (KOH) atau natrium hidroksida (NaOH) untuk menghilangkan asam lemak bebas. Untuk menjernihkannya digunakan penyerap warna berupa arang (karbon) aktif.

Teknologi yang saya kembangkan untuk pemanfaatan minyak kelapa secara langsung yang mudah diaplikasikan petani atau nelayan, ” ujar Desrial.

Minyak kelapa pun dapat diubah 100 persen menjadi biodiesel atau kokodiesel. Pemanfaatannya tidak perlu menggunakan konverter, tetapi biaya produksinya relatif mahal.

Kokodiesel harganya sekitar Rp 10.000 per liter, sedangkan minyak kelapa bisa jauh di bawah harga tersebut.

Konservasi

Lebih jauh dari sekadar inovasi substitusi solar bagi nelayan adalah gagasan konservasi pesisir. Bagi Desrial, pohon kelapa merupakan bagian ekosistem penting pesisir.

Pohon kelapa di darat memiliki fungsi penahan gelombang tsunami. Zonasi yang harus dipertahankan berikutnya menuju laut berupa mangrove, padang lamun, dan terumbu karang.

Pohon kelapa bisa tumbuh hampir di setiap pulau di Indonesia berguna untuk alternatif bahan bakar pada masa mendatang.

Bahan bakar solar tidak terbarukan, kerap pula mengalami kendala distribusi ke wilayah-wilayah terpencil. Nelayan sebagai pelanggan setia solar mesti bersiap diri menghadapi kelangkaan solar.

http://1.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/S_1_G5uGvhI/AAAAAAAAAYM/hBgtfb1e610/s1600/Minyak+Kelapa.jpg
kompas.com

Kerajaan Kupu-kupu di Bantimurung

Keanekaragaman jenis dan populasi kupu-kupu yang melimpah membuat naturalis asal Inggris, Alfred Russel Wallace, menjuluki Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, sebagai kerajaan kupu-kupu.

Dalam buku Indonesian Archipelago (2009), Alfred menggambarkan keindahan ribuan kupu-kupu terbang membentuk awan dan kawanan kupu-kupu jenis Graphium androcles berwarna putih mengilap menutupi hamparan pasir di pinggir Sungai Bantimurung. Dengan mayoritas wilayah didominasi kawasan karst, Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TNBB) pun menjadi favorit kupu-kupu yang menyenangi kondisi lembab.

Ahmad Effendi (28), warga sekitar yang kini menjadi penjaga Museum Kupu-kupu TNBB, mengemukakan, fenomena itu tak pernah lagi terjadi dalam 10 tahun terakhir. Pengembangan tempat wisata alam Bantimurung pada tahun 2004 mengurangi lahan yang selama ini digunakan kupu-kupu untuk berkembang biak.

Pohon jeruk, sirih hutan, dan srikaya, serta tanaman bunga sepatu dan bunga asoka berganti dengan bangunan beton untuk fasilitas rekreasi. Kondisi itu memicu penyusutan ragam kupu-kupu di Bantimurung. "Banyak kupu-kupu yang bermigrasi ke tempat lain mencari tempat untuk bertelur. Kupu-kupu hanya akan bertelur di tempat yang menyediakan makanan untuk ulat," tuturnya di Makassar, Minggu (16/5/2010).

Pengembangan tempat wisata alam seluas 18 hektar itu pun mengundang animo masyarakat. Kunjungan wisatawan yang terus meningkat turut membatasi ruang gerak kupu-kupu. "Kondisi ini mengganggu kenyamanan kupu-kupu yang senang dengan kelembaban di pinggir sungai," kata Ahmad.

Ragam kupu-kupu pun terus menyusut. Dari 107 jenis hasil penelitian tahun 1990-an, kini tinggal 89 jenis pada penelitian Balai TNBB bulan lalu.

Guna mencegah kondisi yang kian memprihatinkan, Balai TNBB menggalakkan penanaman pohon dan tanaman bunga yang menjadi tempat bertelur kupu-kupu. Menurut koordinator pemanfaatan dan keanekaragaman hayati Balai TNBB, Putri Cendrawasih, ratusan pohon jeruk, srikaya, dan sirih hutan telah ditanam di sekitar Danau Kasikebo yang terdapat di dalam tempat wisata alam Bantimurung.

Sementara areal pinggiran sungai dan daerah sekitar museum banyak ditanami tanaman kembang sepatu dan bunga asoka. Pemulihan habitat menjadi faktor terpenting untuk menjaga kelestarian kupu-kupu.

Pakan

"Penyediaan pakan untuk ulat menjadi daya tarik terbesar kupu-kupu. Jika penanaman konsisten dilakukan, berbagai fenomena yang terjadi pada zaman dahulu bisa saja terulang kembali," kata Putri.

Upaya lain yang dilakukan Balai TNBB adalah melalui kandang penangkaran. Saat ini Balai TNBB tengah mengembangbiakkan enam jenis kupu-kupu berhabitat di Bantimurung dan telah diketahui jenis pakan ulatnya. Keenam jenis itu adalah Troides hypolithus, Troides helena, Troides haliphron, Papilio ascalapus, Pliopta polyphontes, dan Chetosia myrina.

Kupu-kupu ditangkarkan di kandang berukuran 6 meter x 8 meter yang menyediakan beberapa tempat pakan ulat, seperti pohon jeruk, srikaya, dan bunga asoka. Penjaga tempat penangkaran, Chaeruddin, menyebutkan, ulat dibiarkan seminggu sebelum dimasukkan ke tempat metamorfosis. Ulat ditaruh di toples plastik dan diberi makan hingga menjadi kepompong.

"Setelah dua minggu, kepompong akhirnya menjadi kupu-kupu. Sebagian kami lepas ke alam bebas, sedangkan sisanya diawetkan untuk koleksi di museum," ungkap Chaeruddin.

Sumbangan ini sejalan dengan rencana memperbarui koleksi museum kupu-kupu. Dari 166 jenis kupu-kupu, hanya sekitar 70 jenis yang masih bagus.

Beberapa koleksi yang rusak merupakan jenis kupu-kupu yang dilindungi dan cukup sulit didapatkan kembali karena habitatnya di Papua dan Pulau Seram, Maluku, seperti Ornithoptera goliath procus dan Ornithoptera chimaera. Kerusakan dipicu usia pengawetan lebih dari lima tahun dan kondisi museum yang terlalu lembab.

http://2.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/S_1-ECC-LcI/AAAAAAAAAYE/w1PvWuDOtjk/s1600/Kupu-kupu+di+Bantimurung.jpg
kompas.com

Senin, 24 Mei 2010

Memperbaiki Rambut Kering dengan Madu

Rambut kering bisa terjadi akibat penggunaan zat kimia dan perawatan salon yang terlalu sering. Mengatasi rambut kering paling ampuh dengan bahan alami. Dapur, lagi-lagi menjadi tempat sumber segala ramuan alam, bahkan untuk mengatasi rambut kering. Apa saja yang bisa kita temukan di dapur?

Minyak Zaitun
Vitamin E dan antioksidan adalah sejumlah zat yang terkandung dalam minyak zaitun. Minyak ini membantu melembabkan rambut kering yang rusak.

Caranya, pijat perlahan minyak zaitun di tempurung kepala. Lalu bungkus kepala dengan topi mandi. Diamkan selama 30 menit. Kemudian cuci rambut dengan sampo herbal dengan kandungan pelembab, dan bilas dengan air.

Kombinasi minyak esensial
Selain minyak zaitun, Anda juga bisa mengkombinasi satu ons minyak zaitun dingin dengan 30 tetes minyak rosemary. Campurkan kedua minyak ini dalam sebuah toples, tutup rapat dan kocok.

Setelah minyak bercampur, aplikasikan ke rambut dan diamkan 30 menit. Setelahnya bilas dengan air. Hindari penggunaan minyak rosemary jika Anda sedang hamil. Minyak jenis ini memiliki efek kurang baik untuk kandungan.

Madu
Madu memiliki banyak fungsi untuk perawatan kecantikan, termasuk untuk perawatan rambut.

Siapkan mangkuk, lalu campurkan satu sendok makan madu, satu cangkir yogurt tanpa rasa, satu sendok minyak almond, dan satu sendok makan bibit gandum.

Ratakan semua bahan, lalu oleskan ke rambut, fokuskan ke bagian tempurung kepala. Diamkan 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

http://4.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/S_obhKZ3fNI/AAAAAAAAAX8/VzWozMl0flw/s1600/rambut+kering.jpg
kompas.com

Asal Mula Cuci Darah dan Cangkok Ginjal

GINJAL buatan atau mesin cuci darah (dialysis machine-red) yang menolong jutaan penderita gangguan dan gagal ginjal, ditemukan oleh pria Belanda Willem Kolf (1911) semasa Perang Dunia II dengan uji coba pertama dilakukan tahun 1943. Demi pengabdian kepada kemanusiaan, Kolff menolak untuk mengajukan paten atas temuan mesin cuci darah.

Kolff akhirnya hijrah ke Amerika Serikat tahun 1950 dan melanjutkan penelitian pengembangan mesin jantung buatan di rumah barunya di Cleveland Clinic Foundation.

Asal mula eksperimen transplantasi ginjal dilakukan di Prancis tahun 1909 dengan meng ganti ginjal manusia yang rusak dengan ginjal hewan. Namun, tidak ada penerima transplantasi ginjal yang selamat.

Demikian pula sebelum para peneliti mengenal kecocokan jaringan tubuh, jenis golongan darah dan kekebalan tubuh, upaya transplantasi ginjal dari manusia ke manusia juga tetap gagal memberikan hasil. Perlahan tetapi pasti, para ilmuwan mendapati tubuh manusia selalu menolak bagian tubuh yang bukan berasal dari dirinya sehingga harus dicari jalan untuk mengatasi hal itu.

Akhirnya di tahun 1947, Charles Hufnagel (1916-1918) seorang ahli bedah di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, menc oba menanam ginjal dari orang yang baru meninggal di tubuh seorang perempuan yang menderita penyakit ginjal akut dan didiagnosa nyawanya hanya bertahan beberapa jam lagi. Ginjal dari donor ditanam di bagian tangan pasien perempuan yang kondisinya terlalu lemah untuk dibawa ke kamar operasi. Operasi dilakukan di kamar pasien dengan pencahayaan minim.

Namun, akhirnya operasi membuahkan hasil karena ginjal donor mulai bekerja sesaat setelah disambungkan ke aliran darah tubuh pasien. Meski pun, ginjal donor akhirnya tidak berfungsi setelah beberapa hari kemudian, tenggang waktu itu memungkinkan ginjal asli si pasien untuk pulih kembali seperti sediakala!

Upaya transplantasi ginjal manusia yang berhasil sempurna, dilakukan dokter Joseph Murray (1919) pada tanggal 23 Desember 1954, di Rumah Sakit Peter Brigham di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat . Murray mengambil ginjal dari Ronald Herrick dan menanamkan kepada saudara kembar identiknya, Richard.

Upaya tersebut memperpanjang usia Richard hingga delapan tahun dan Ronald masih hidup hingga kini. Atas jasanya, Dokter Murray akhirnya diganjar hadiah Nobel bidang Fisiologi atau Medis di tahun 1990. (Iwan Santosa disarikan dari The Book of Origins, Plume Book, England 2007)

http://1.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/S_oZ4LaQGDI/AAAAAAAAAX0/Pao0v0W5E_I/s1600/cuci+darah.jpg
kompas.com

Ukuran Ginjal, Kunci Sukses Transplantasi

elama ini golongan darah yang sesuai menjadi kualifikasi penting untuk mencegah penolakan ginjal setelah pencangkokan. Namun, studi terbaru menyebutkan, ukuran berat ginjal juga menjadi faktor yang perlu diperhatikan. Penerima cangkok yang menerima ginjal dengan ukuran yang lebih kecil dibanding proporsi berat badan mereka lebih berisiko pada terjadinya komplikasi.

Kesimpulan tersebut dihasilkan dalam penelitian terhadap 1.000 pasien transplantasi ginjal. Dalam laporan yang dimuat dalam Journal of the American Society of Nephrology, para ilmuwan mengatakan hasil studi ini bisa menjadi referensi bagi dokter untuk meningkatkan harapan hidup pasien.

Dalam penelitiannya, para ilmuwan terus mengikuti kesehatan pasien selama lima tahun pascaoperasi. Menggunakan kalkulasi berdasarkan berat badan pendonor dan berat badan penerima ginjal, diketahui bahwa ginjal yang berukuran lebih kecil dibanding bobot tubuh penerima berisiko komplikasi.

Komplikasi tersebut antara lain naiknya tekanan darah, jaringan parut pada ginjal dan 55 persen risiko kegagalan pencangkokan dua tahun pascaoperasi. Mayoritas penerima cangkok dalam penelitian ini mendapat organ dari donor mati.

Profesor Jean Paul Soulillou, ketua peneliti, mengatakan, dari sudut pandang klinikal, hasil studi ini setara dengan proses identifikasi marker (penanda) untuk mengetahui tipe jaringan yang sesuai untuk mengurangi risiko penolakan. Faktor kesesuaian dan kecocokan antara jaringan donor dan penerima adalah masalah penting.

"Informasi ini sangat dibutuhkan bagi ribuan proses pencangkokan untuk meningkatkan angka harapan hidup," katanya.

Dalam 15 tahun terakhir ini, lebih dari 100.000 pencangkokan ginjal dilakukan di Amerika Serikat. Cangkok ginjal merupakan pilihan terbaik bagi mereka dengan gagal ginjal stadium akhir.

http://1.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/S_oYkJ1oQwI/AAAAAAAAAXs/mjkKkZU6tYg/s1600/Ginjal.jpg
kompas.com

Kondisi Rambut Cerminkan Kesehatan

Apakah rambut kita bisa jadi petunjuk kondisi kesehatan secara umum? Mungkin saja. Beberapa kondisi kesehatan dan pengobatan akan berpengaruh pada tubuh seperti halnya pada rambut.

Ketombe
Ketombe memang tidak menular. Namun, bagaimana serbuk-serbuk putih ini bisa muncul di rambut masih belum jelas benar. Salah satu teori menyebutkan penyebabkan karena pertumbuhan jamur yang berlebihan. Penyebab lain adalah kulit yang terlalu kering atau justru berminyak.

Meski ketombe tidak membahayakan kesehatan, namun ketombe juga bisa jadi salah satu gejala penyakit psoriasis. Untuk mengurangi tumpukan ketombe atau sel kulit mati, gunakan shampo anti ketombe setiap hari. Biarkan shampo selama lima menit sebelum dibilas.

Serpihan berwarna kuning
Bila Anda mendapati ketombe di kepala berbentuk serpihan berwarna kekuningan dan berminyak, mungkin Anda menderita dermatitis seboroik. Ini merupakan kondisi peradangan di kulit yang terjadi bila kulit kita memiliki banyak kelenjar minyak.

Dermatitis seboroik berkaitan dengan kondisi hormon dan juga jamur. Beberapa kasus bisa disebabkan karena faktor penyakit saraf. Perawatannya mirip dengan ketombe biasa, yakni menggunakan sampo anti ketombe. Pada kasus yang lebih berat, konsultasikan pada dokter kulit.

Rontok
Para ahli menyatakan normalnya rambut kita akan rontok sekitar 100 helai setiap hari. Hal ini merupakan hal yang alamiah karena 90 persen dari 100.000 folikel rambut yang kita miliki akan selalu tumbuh lagi. Sekitar 10 persennya akan berada pada fase istirahat (telogen) dan akan rontok setelah 2-3 bulan dan digantikan oleh rambut baru. Begitu seterusnya.

Fase istirahat (telegon) bisa terjadi karena sesuatu hal yang mengejutkan sistem tubuh, seperti operasi, persalinan, diet ketat, stres berat, atau masalah tiroid. Dua bulan kemudian, rambut akan mulai rontok namun kebanyakan akan tumbuh kembali.

Pitak
Gangguan pada sistem imun bisa membuat sistem imun menyerang tubuh kita sendiri. Bila yang diserang folikel rambut, disebut dengan alopecia areata, bisa menyebabkan kerontokan di satu bagian tertentu (pitak rambut) atau rontok seluruhnya.

Kebotakan khas pria
Sebagian besar kasus kerontokan rambut pada pria disebabkan oleh faktor keturunan. Jenis kebotakan turunan ini disebut hereditary alopecia. Tanda-tanda yang jelas adalah mundurnya garis rambut, tumbuhnya titik kebotakan pada pusat rambut atau pada keduanya.

Rambut kusam
Terlalu sering terpapar sinar matahari bisa menyebabkan rambut menjadi kering, kaku, dan bercabang. Bila rambut Anda pada awalnya sudah tipis, paparan sinar matahari bisa merusak kulit kepala. Karena itu, pilih produk perawatan rambut yang memiliki perlindungan sinar matahari.

Penataan rambut yang berlebihan, seperti penggunaan hairdryer, bleaching, pewarnaan, bahkan terlalu sering menyisir rambut bisa merusak lapisan kutikula rambut dan membuatnya menjadi kering dan kusam.

http://2.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/S_oXdrL7nWI/AAAAAAAAAXk/-a8kN_UHa2E/s1600/rambut+sehat.jpg
kompas.com

Manfaat Menangis Buat Kesehatan

Menangis ternyata ada manfaatnya loh? Kalo kelamaan menangis emang bisa bikin mata merah en bengkak. Tapi menangis dan mengeluarkan air mata juga bisa jadi obat ajaib yang berguna buat kesehatan tubuh dan pikiran. Masa seh? berikut 7 manfaat menangis buat kesehatan.

Ada beberapa alasan manusia untuk menangis:

1. Menangis karena kasih sayang dan kelembutan hati.
2. Menangis karena rasa takut.
3. Menangis karena cinta.
4. Menangis karena gembira.
5. Menangis karena menghadapi penderitaan.
6. Menangis karena terlalu sedih.
7. Menangis karena terasa hina dan lemah.
8. Menangis karena mengikut-ikut orang menangis.
9. Menangis untuk mendapat belas kasihan orang.
10. Menangis orang munafik == pura-pura menangis.

Berikut 7 manfaat menangis untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan setelah menangis dan mengeluarkan air mata.

1. Membantu penglihatan

Air mata ternyata membantu penglihatan seseorang, jadi bukan hanya mata itu sendiri. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.

2. Membunuh bakteri

Tak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan “lisozom” yang dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri-2 yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan tempat-2 yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.

3. Meningkatkan mood

Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi karena dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

4. Mengeluarkan racun

Seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun.

Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata.

5. Mengurangi stres

Bagaimana menangis bisa mengurangi stres ? Air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu “endorphin leucine-enkaphalin” dan “prolactin.”

Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-2 yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.

6. Membangun komunitas

Selain baik untuk kesehatan fisik, menangis juga bisa membantu seseorang membangun sebuah komunitas. Biasanya seseorang menangis setelah menceritakan masalahnya di depan teman-2′nya atau seseorang yang bisa memberikan dukungan, dan hal ini bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan juga bersosialisasi.

7. Melegakan perasaan

Semua orang rasanya merasa demikian. Meskipun kamu didera berbagai macam masalah dan cobaan, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega.

Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega. Keluarkanlah masalah di pikiranmu lewat menangis, jangan dipendam karena kamu bisa menangis meledak-ledak.

http://1.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/S_oWE4yZaWI/AAAAAAAAAXc/NMlXzTbKn60/s1600/menangis.jpg
detik.com

Manfaat Jalan Kaki Secara Rutin

Sembilan manfaat yang dapat diperoleh dari aktivitas jalan kaki.

(1) Serangan Jantung.

Pertama-tama tentu menekan risiko serangan jantung. Kita tahu otot
jantung membutuhkan aliran darah lebih deras (dari pembuluh koroner
yang memberinya makan) agar bugar dan berfungsi normal memompakan darah tanpa henti. Untuk itu, otot jantung membutuhkan aliran darah
yang lebih deras dan lancar. Berjalan kaki tergopoh-gopoh memperderas aliran darah ke dalam koroner jantung. Dengan demikian kecukupan oksigen otot jantung terpenuhi dan otot jantung terjaga untuk bisa tetap cukup berdegup.
Bukan hanya itu. Kelenturan pembuluh darah arteri tubuh yang terlatih
menguncup dan mengembang akan terbantu oleh mengejangnya otot-otot tubuh yang berada di sekitar dinding pembuluh darah sewaktu melakukan kegiatan berjalan kaki tergopoh-gopoh itu. Hasil akhirnya, tekanan darah cenderung menjadi lebih rendah, perlengketan antarsel darah yang bisa berakibat gumpalan bekuan darah penyumbat pembuluh juga akan berkurang.
Lebih dari itu, kolesterol baik (HDL) yang bekerja sebagai spons
penyerap kolesterol jahat (LDL) akan meningkat dengan berjalan kaki
tergopoh-gopoh. Tidak banyak cara di luar obat yang dapat meningkatkan kadar HDL selain dengan bergerak badan. Berjalan kaki tergopoh-gopoh tercatat mampu menurunkan risiko serangan jantung menjadi tinggal separuhnya.

(2). Stroke.

Kendati manfaat berjalan kaki tergopoh-gopoh terhadap stroke
pengaruhnya belum senyata terhadap serangan jantung koroner, beberapa studi menunjukkan hasil yang menggembirakan. Tengok saja bukti alami nenek-moyang kita yang lebih banyak melakukan kegiatan berjalan kaki setiap hari, kasus stroke zaman dulu tidak sebanyak sekarang. Salah satu studi terhadap 70 ribu perawat (Harvard School of Public Health) yang dalam bekerja tercatat melakukan kegiatan berjalan kaki sebanyak 20 jam dalam seminggu, risiko mereka terserang stroke menurun duapertiga.

(3). Berat badan stabil.

Ternyata dengan membiasakan berjalan kaki rutin, laju metabolisme
tubuh ditingkatkan. Selain sejumlah kalori terbuang oleh aktivitas
berjalan kaki, kelebihan kalori yang mungkin ada akan terbakar oleh
meningkatnya metabolisme tubuh, sehingga kenaikan berat badan tidak
terjadi.

(4). Menurunkan berat badan.

Ya, selain berat badan dipertahankan stabil, mereka yang mulai
kelebihan berat badan, bisa diturunkan dengan melakukan kegiatan
berjalan kaki tergopoh-gopoh itu secara rutin. Kelebihan gajih di
bawah kulit akan dibakar bila rajin melakukan kegiatan berjalan kaki
cukup laju paling kurang satu jam.

(5). Mencegah kencing manis.

Ya, dengan membiasakan berjalan kaki melaju sekitar 6 km per jam,
waktu tempuh sekitar 50 menit, ternyata dapat menunda atau mencegah
berkembangnya diabetes Tipe 2, khususnya pada mereka yang bertubuh
gemuk (National Institute of Diabetes and Gigesive & Kidney Diseases).
Sebagaimana kita tahu bahwa kasus diabetes yang bisa diatasi tanpa
perlu minum obat, bisa dilakukan dengan memilih gerak badan rutin
berkala. Selama gula darah bisa terkontrol hanya dengan cara bergerak
badan (brisk walking), obat tidak diperlukan. Itu berarti bahwa
berjalan kaki tergopoh-gopoh sama manfaatnya dengan obat antidiabetes.

(6). Mencegah osteoporosis.

Betul. Dengan gerak badan dan berjalan kaki cepat, bukan saja
otot-otot badan yang diperkokoh, melainkan tulang-belulang juga. Untuk metabolisme kalsium, bergerak badan diperlukan juga, selain butuh paparan cahaya matahari pagi. Tak cukup ekstra kalsium dan vitamin D saja untuk mencegah atau memperlambat proses osteoporosis. Tubuh juga membutuhkan gerak badan dan memerlukan waktu paling kurang 15 menit terpapar matahari pagi agar terbebas dari ancaman osteoporosis. Mereka yang melakukan gerak badan sejak muda, dan cukup mengonsumsi kalsium, sampai usia 70 tahun diperkirakan masih bisa terbebas dari ancaman pengeroposan tulang.

(7). Meredakan encok lutut.

Lebih sepertiga orang usia lanjut di Amerika mengalami encok lutut
(osteoarthiris) . Dengan membiasakan diri berjalan kaki cepat atau
memilih berjalan di dalam kolam renang, keluhan nyeri encok lutut bisa
mereda. Untuk mereka yang mengidap encok lutut, kegiatan berjalan kaki perlu dilakukan berselang-seling, tidak setiap hari. Tujuannya untuk memberi kesempatan kepada sendi untuk memulihkan diri. Satu hal yang perlu diingat bagi pengidap encok tungkai atau kaki: jangan keliru memilih sepatu olahraga. Kita tahu, dengan semakin pertambahnya usia, ruang sendi semakin sempit, lapisan rawan sendi kian menipis, dan cairan ruang sendi sudah susut. Kondisi sendi yang sudah seperti itu perlu dijaga dan dilindungi agar tidak mengalami goncangan yang berat oleh beban bobot tubuh, terlebih pada yang gemuk. Bila bantalan (sol) sepatu olahraganya kurang empuk, sepatu gagal berperan sebagai peredam goncangan (shock absorber). Itu berarti sendi tetap mengalami beban goncangan berat selama berjalan, apalagi bila berlari atau melompat. Hal ini yang memperburuk kondisi sendi, lalu mencetuskan serangan nyeri sendi atau menimbulkan penyakit sendi pada mereka yang berisiko terkena gangguan sendi.

Munculnya nyeri sendi sehabis melakukan kegiatan berjalan kaki, bisa
jadi lantaran keliru memilih jenis sepatu olahraga. Sepatu bermerek
menentukan kualitas bantalannya, selain kesesuaian anatomi kaki.

Kebiasaan berjalan kaki tanpa alas kaki, bahkan di dalam rumah
sekalipun, bisa memperburuk kondisi sendi-sendi tungkai dan kaki,
akibat beban dan goncangan yang harus dipikul oleh sendi.

(8) Depresi.

Ternyata bergerak badan dengan berjalan kaki cepat juga membantu
pasien dengan status depresi. Berjalan kaki tergopoh-gopoh bisa
menggantikan obat antidepresan yang harus diminum rutin. Studi ihwal
terbebas dari depresi dengan berjalan kaki sudah dikerjakan lebih 10
tahun.

(9). Kanker juga dapat dibatalkan muncul bila kita rajin berjalan kaki, setidaknya jenis kanker usus besar (colorectal carcinoma).

Kita tahu, bergerak badan ikut melancarkan peristaltik usus, sehingga
buang air besar lebih tertib. Kanker usus dicetuskan pula oleh
tertahannya tinja lebih lama di saluran pencernaan. Studi lain juga
menyebutkan peran berjalan kaki terhadap kemungkinan penurunan risiko terkena kanker payudara.

Semoga bermanfaat.

http://1.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/S_oUNfOXfWI/AAAAAAAAAXU/zDM_Ls1iZgc/s1600/jalan+kaki.jpg
detik.com

Minggu, 23 Mei 2010

Peta Nusantara Ada sejak Zaman Majapahit

Sejarah mencatat bahwa kegiatan survei dan pemetaan di Nusantara dilakukan sejak delapan abad lalu. Salah satu buktinya, peta paling awal tentang Nusantara sudah dibuat oleh bangsa Nusantara sendiri pada masa Majapahit.

"Itu menurut CJ Zandvliet dari Belanda dalam jurnal Holland Horizon tahun 1994," kata Kepala Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) Rudolf W Matindas pada peluncuran buku Survei dan Pemetaan Nusantara: 40 Tahun Bakosurtanal di Jakarta, Kamis (20/5/2010).

"Peta administratif pernah dibuat pada masa Raden Wijaya memerintah Kerajaan Majapahit, dan diserahkan kepada tentara Yuan asal China, yang menaklukkan kerajaan tersebut pada tahun 1292," ujarnya.

Namun, sejarah juga mencatat bahwa peta pertama tentang Indonesia adalah peta navigasi yang dibuat pada abad ke-15 ketika Laksamana Cheng Ho dari China melakukan pelayaran di wilayah negeri ini.

Pemetaan Indonesia yang lebih maju, ujarnya, dilakukan oleh bangsa-bangsa kolonial yang awalnya datang sebagai pedagang dari mancanegara untuk mencari rempah-rempah. Pada penjajahan Belanda selama 3,5 abad itulah Belanda melakukan survei dan pemetaan ke berbagai wilayah, dan menginventarisasi kekayaan hayati Nusantara sehingga muncul berbagai peta wilayah Nusantara yang karena keterbatasan teknologi memiliki akurasi rendah.

Empat abad kemudian, ketika Indonesia telah lahir, pemetaan secara lebih detail belum ada. "Bahkan, berapa jumlah pulau di Indonesia belum juga diketahui dan baru dirintis pertama kali oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan yang melibatkan tokoh Bakosurtanal," ujarnya.

"Sejak beberapa tahun terakhir, Bakosurtanal tengah merintis pembuatan peta berskala besar dengan akurasi tinggi yang dimungkinkan oleh teknologi yang semakin canggih, dari mulai teknologi penginderaan jauh, teknologi digital, teknologi GPS, dan teknik pemrosesan data dengan sistem komputer," katanya.

Sementara itu, pakar Sejarah LIPI, Dr Asvi Warman Adam, menegaskan pentingnya peta, yang disebutkannya sebagai satu dari tiga faktor yang membentuk suatu bangsa, selain sensus dan museum.

"Peta merupakan tulang punggung bagi pembentukan suatu negara dan identifikasi suatu bangsa," katanya.

Adapun sosiolog Imam Prasodjo di tempat yang sama mengeluhkan tersebarnya berbagai peta di berbagai institusi, seperti peta hutan gundul di Kementerian Kehutanan, peta tata ruang kota di Badan Pertanahan Nasional (BPN), peta fertilitas di Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

"Negara kita terlalu senang membuat pengotak-ngotakan. Seharusnya, Bakosurtanal mengintegrasikan semua peta di berbagai institusi ini, dan menjadikan semua pemetaan Nusantara sebagai data digital yang bisa diakses semua orang," katanya.

Buku Survei dan Pemetaan Nusantara yang tebal dan hanya dicetak 1.000 eksemplar tersebut selain berbicara mengenai peran survei dan pemetaan juga membahas peran Bakosurtanal dalam melakukan survei dan pemetaan nasional.

http://1.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/S_lLUFsJ5lI/AAAAAAAAAXM/xseiFfng2KE/s1600/peta+nusantara+zaman+majapahit.JPG
kompas.com

Lemak di Perut Terkait Demensia

Tumpukan lemak di bagian perut selama ini hanya dikaitkan dengan risiko penyakit jantung. Namun, para ilmuwan baru-baru ini menyebutkan bahwa lemak di perut juga meningkatkan risiko demensia (kepikunan).

Dari 733 partisipan studi diketahui orang yang memiliki tumpukan lemak perut ternyata volume total otaknya lebih kecil. Hasil studi ini menguatkan berbagai riset yang menyebutkan orang yang obesitas lebih berisiko menderita demensia. Meski secara khusus hasil studi ini mengatakan lemak perut lebih berpengaruh daripada lemak total dalam tubuh.

"Pesan dari studi ini adalah, jika Anda merasa alasan untuk mengurangi lemak di perut adalah untuk menghindari penyakit jantung dan stroke, kini bertambah lagi alasannya, yakni demensia," kata Dr Sudha Seshadri dari Boston University School of Medical.

Dalam penelitiannya, Seshadri dan timnya melakukan pengukuran lemak perut menggunakan alat computed tomographi (CT) scan. Dengan alat canggih ini bisa diketahui jumlah lemak perut (lemak visceral) dan lemak di bawah kulit yang disebut lemak subkutan.

Para responden juga diukur indeks massa tubuhnya, termasuk juga lingkar pinggul dan pahanya. Kaitan yang paling nyata terlihat dari lemak perut dan ukuran otak. Mereka yang memiliki lemak perut lebih banyak ukuran otaknya lebih kecil.

Seluruh responden tidak ada yang menderita demensia, tetapi dari berbagai studi diketahui orang yang memiliki volume otak lebih kecil berisiko menderita demensia dan akan mendapatkan hasil yang buruk bila diberikan tes kemampuan kognitif.

Demensia merupakan gejala umum dari penurunan fungsi kognitif. Ada banyak faktor yang menyebabkan penyakit ini. Salah satunya adalah rusaknya sel-sel otak yang disebabkan oleh akumulasi plak di saraf otak.

Para ahli menduga lemak yang berlebihan akan memicu reaksi peradangan dalam tubuh, yakni respons imun yang menimbulkan tekanan dalam tubuh. Peradangan yang kronis akan menyebabkan penyakit jantung. Hal ini diyakini memberikan pengaruh yang sama pada otak.

http://2.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/S_lKzIaecCI/AAAAAAAAAXE/pBT52Id60Z8/s1600/lemak+diperut.jpg
kompas.com

Polusi di Perkotaan Menyebabkan Hipertensi

Tinggal di area perkotaan yang tinggi polusi udara bisa memicu naiknya tekanan darah. Sumber polusi bisa berasal dari kendaraan bermotor, debu jalanan, ataupun polutan dari pembangkit listrik.

Para peneliti melakukan penelitian terhadap 5.000 orang mengenai terjadinya penyakit jantung. Analisis dilakukan dengan melihat dampak polusi udara pada tekanan darah antara tahun 2000 dan 2003.

"Polusi udara bukan cuma memicu kejadian serangan jantung dan stroke, tapi juga berpengaruh pada terjadinya proses penyakit itu," kata Dr Barbara Hoffman, ketua peneliti.

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko terjadinya ateroklerosis atau pengerasan pembuluh darah yang berujung pada penyakit jantung dan stroke. Dari berbagai studi sebelumnya telah diketahui bahwa peningkatan polusi udara akan meningkatkan tekanan darah, tetapi belum diketahui dampak jangka panjangnya.

Tekanan darah tinggi sering disebut sebagai pembunuh terselubung. Risikonya terletak pada kerusakan jangka panjang yang ditimbulkan penyakit tersebut. Tekanan darah tinggi merupakan penyebab utama terjadinya stroke, serangan jantung, gagal ginjal, demensia, dan mati muda.

Tidak ada obat untuk tekanan darah tinggi, tetapi kondisi ini bisa dicegah dan dirawat. Perubahan gaya hidup dan obat-obatan, bila perlu, dapat membantu mengendalikan tekanan darah dan mempertahankannya pada tingkat yang aman.

http://3.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/S_lKIBpnW2I/AAAAAAAAAW8/dsNDhJKiDFE/s1600/hipertensi.jpg
kompas.com

Manfaat cokelat hitam untuk mencegah penyakit jantung

Manfaat cokelat, khususnya cokelat hitam, untuk mencegah penyakit jantung makin mendapat pengakuan. Penelitian terbaru menunjukkan, konsumsi cokelat dalam dosis kecil setiap harinya mampu memangkas risiko stroke dan serangan jantung hingga 40 persen.

Sejumlah peneliti dari Jerman melaporkan, orang yang makan sekitar 6 gram cokelat atau sekitar satu persegi empat, memiliki risiko 39 persen lebih rendah terkena stroke atau serangan jantung. Dalam studi ini, para peneliti mengikuti riwayat kesehatan 20.000 orang selama enam tahun.

Senyawa flavonoid yang dipunyai cokelat hitam diyakini menjadi dalang dari khasiat cokelat untuk jantung. Flavonoid merupakan kelompok antioksidan yang juga ditemukan pada tanaman teh, sayuran, dan red wine. Riset membuktikan, 1,5 ons batang cokelat hitam memiliki 800 mg antioksidan, lebih banyak dari antioksidan di secangkir teh.

Para peneliti yakin, senyawa itu dapat menetralkan efek buruk radikal bebas yang berniat menghancurkan sel-sel dan jaringan tubuh. Flavonoid juga membantu otot-otot di pembuluh darah melebar sehingga aliran darah menjadi lancar.

"Mungkin sedikit terlambat untuk merekomendasikan orang makan lebih banyak cokelat. Tapi, jika orang mau mengganti camilan tinggi lemak atau bergula dengan sepotong kecil cokelat, mungkin akan berguna bagi kesehatannya," kata Brian Buijsse, pakar epidemiologi nutrisi dari German Institute of Human Nutrition.

Kendati begitu, para ahli juga mengingatkan bahaya cokelat yang dikonsumsi terlalu banyak terhadap kegemukan. Padahal, kegemukan sendiri merupakan faktor risiko masalah jantung.

"Hasil studi ini tidak menyarankan kita untuk terus makan cokelat setiap hari karena kita akan menjadi gemuk," kata Dr Robert Eckel, mantan Presiden American Heart Association. Ia menambahkan, cokelat memang kaya akan antioksidan, tapi masih dibutuhkan studi lebih mendalam untuk melihat manfaat langsung cokelat terhadap kesehatan jantung.

http://2.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/S_lJj4xnD4I/AAAAAAAAAW0/MrG9BlA1cu8/s1600/Cokelat+hitam.png
kompas.com

Serangan Jantung Tak Pengaruhi Seks

Pasien yang pernah mengalami serangan jantung pada umumnya khawatir untuk melakukan hubungan seks karena tak ingin dilarikan ke rumah sakit lagi. Padahal, risiko terkena serangan jantung saat sedang bercinta sebenarnya sangat kecil.

"Serangan jantung seharusnya tidak menghalangi seseorang untuk menikmati hubungan seks. Apalagi risiko untuk terjadinya serangan jantung lagi ketika berhubungan seks sangat kecil," kata Dr Edward Havranek, kardiologis dari Denver Health Medical Center.

Ia menambahkan, jumlah aktivitas fisik yang dikeluarkan seseorang ketika berhubungan intim sebenarnya lebih kecil dari yang diperkirakan. "Jauh lebih kecil dibanding membersihkan salju," katanya.

Para ahli dari Mayo Clinic mengatakan, tekanan terhadap jantung saat melakukan hubungan seks boleh dikatakan hampir sama dengan berjalan cepat atau naik tangga. Karena itu, aktivitas seksual harus dilakukan seperti aktivitas lain, berhati-hati tetapi tidak perlu takut.

Topik mengenai hubungan seksual pascaserangan jantung ini menjadi salah satu topik yang dibicarakan para ahli jantung dalam pertemuan American Heart Association.

Para dokter menyebutkan, berhubungan seks aman setelah pasien merasa nyaman dan bisa melakukan olahraga ringan atau sanggup naik tangga dua lantai. Bila timbul nyeri dada, itu merupakan tanda Anda harus berhenti dan berkonsultasi pada dokter.

Dalam sebuah penelitian terhadap 1.184 pria dan 576 wanita berusia 60 tahun dan pernah mengalami serangan jantung diketahui, satu tahun pascaserangan jantung, dua pertiga responden pria dan 40 persen responden wanita mengaku tetap aktif secara seksual.

Para pria pada umumnya lebih aktif secara seksual dan berusaha menjaga kehidupan seksualnya setelah serangan jantung. Namun, kebanyakan pasien mengatakan mereka berani berhubungan seks jika dokter menyatakan aman untuk jantung mereka.

http://2.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/S_lIzgXsRSI/AAAAAAAAAWs/qf3hbEwQ7DM/s1600/Pengaruhi+Seks.jpg
kompas.com

ppcklik.com terbukti membayar

alhamdulillah saya ditransfer dari ppcklik.com. walaupun ga banyak sih ,tapi lumayan yang jelas PPCKLIK.COM membayar member publishernya.Dan saya di bayar hanya menunggu waktu kurang dari 24 jam .
Berikut adalah pendapatan saya dari ppcklik.com .

http://2.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/S_jcdIfXEKI/AAAAAAAAAWk/qAfIhcMe0JU/s1600/Captured1.jpg

Bagi rekan rekan yang mempunyai website atau blog bisa gabung di program PPC lokal ini. Dan dapatkan pasif income dari iklan yang diklik oleh pengujung yang ada di blog anda. Mau gabung di ppcklik.com
silahkan klik disini

Sabtu, 22 Mei 2010

Tes Akurat Intip Kondisi Jantung

Penyakit jantung koroner berkembang secara perlahan-lahan, sampai bertahun-tahun lamanya, tanpa disadari sampai tiba-tiba terjadi serangan jantung. Karena itu upaya pencegahan dan penanganan penyakit jantung koroner (PJK) menjadi tantangan tersendiri bagi para tenaga kesehatan.

Diagnosis dan perawatan PJK berkembang sangat pesat di tahun-tahun terakhir ini. Tes yang lebih baru dan lebih canggih untuk mengidentifikasi PJK terus dikembangkan. Angiografi koroner sudah sejak lama dianggap sebagai tes penentu PJK.

Tes dengan sistem sinar-X ini bisa mengungkapkan lokasi spesifik dari penyempitan arteri kororner sehingga tes ini dianggap sebagai standar emas karena memiliki tingkat keakuratan tinggi.

Prosedurnya, sebuah selang kecil dan lentur (kateter) dimasukkan ke dalam arteri di pembuluh arteri besar (aorta) ke dalam jantung. Ujung kateter kemudian dipandu ke dalam arteri koroner. Zat kontras disuntikkan melalui kateter untuk mendapat pencitraan yang lebih jelas sehingga dokter dapat melihat bagian penyempitan dan yang tersumbat.

Menurut penjelasan dr.Taufik Arifin Pohan, SpJP, ahli jantung dari RS Pondok Indah Jakarta, angiografi koroner merupakan prosedur lanjutan pemeriksaan jantung. "Biasanya tes ini dilakukan jika pasien sudah menunjukkan tanda-tanda penyempitan. Tes ini juga dilakukan sebelum dokter melakukan tindakan intervensi kardiologi, seperti mengetahui ukuran stent untuk membuka penyempitan," paparnya.

Untuk deteksi dini penyakit jantung, biasanya dilakukan latihan uji jantung berbeban berupa tes treadmill. Tes ini pun hanya direkomendasikan untuk mereka yang diyakini aman melakukannya. Tes lain untuk pemeriksaan jantung adalah prosedur elektrokardiogram (EKG), evaluasi struktur dan fungsi jantung dengan echocardiografi doppler, dan lain sebagainya.

Menurut dr.Yanwar Hadiyanto, Marketing and Customer Management RS.Pondok Indah, harga pemeriksaan jantung dengan angiografi koroner masih relatif mahal. "Satu paket pemeriksaan jantung berkisar Rp 7 juta, ini karena semua peralatannya masih impor," katanya ketika memperkenalkan Unit Angiografi-Cardiac & Vascula Intervention Center RS.Pondok Indah kepada media beberapa waktu lalu.

Sekalipun sudah ada kemajuan besar dalam teknologi deteksi ni dan penanganan masalah jantung, Anda sebagai pemerannya tetap harus meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit jantung koroner dengan cara mengendalikan faktor risikonya untuk mencegah terjadinya penyakit.

http://4.bp.blogspot.com/_k9Xk0WEWy9g/S_bXGSw2aeI/AAAAAAAAAWc/46_W7CdVE8M/s1600/tes+akurat+kondisi+jantung.jpg
kompas.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Review http://b-mus.blogspot.com on alexa.com
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Internet Blogs
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Internet Marketing
Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!
Educational Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Free SEO Tools

[Valid Atom 1.0]
My Ping in TotalPing.com
Ping your blog, website, or RSS feed for Free Google Pagerank Powered by  MyPagerank.Net free hit counter
B-Mus Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template